SANDIAGA UNO : SINERGI DAN INTEGRASI UNS INNOVATION FESTIVAL, MENGEJAR PERTUMBUHAN EKONOMI

 

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap, agar acara UNS Innovation Festival dapat menciptakan ekosistem wirausaha yang baik dan dapat membangun kolaborasi dalam membangkitkan sektor pariwisata, ekonomi, dan kreatif.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Dr. Sandiaga Uno mengatakan, Covid-19 memberikan dampak yang sangat hebat dalam perekonomian Indonesia, khususnya di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif yang mengalami penurunan di tahun 2021.

tapi ia yakin, tahun 2022 merupakan tahun untuk bangkit bersama dengan melakukan adaptasi, serta menciptakan inovasi dan kolaborasi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengejar pertumbuhan perekonomian.

Ungkapan Sandiaga Uno itu diutarakan pada saat, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sedang menyelenggarakan acara UNS Innovation Festival. Acara ini digelar pada hari Selasa (14/12/2021) secara luring di Auditorium GPH. Haryo Mataram UNS.

Pada kesempatan ini Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam sambutannya secara virtual menjelaskan, Kota Surakarta menjadi salah satu kota kreatif di Indonesia.

“Kota Surakarta menjadi salah satu kota kreatif Indonesia dengan subsektor seni pertunjukan yang dapat berkontribusi sebesar 43,1% untuk pendapatan asli daerah. Saya yakin UMKM di Solo juga memiliki potensi dan perlu berada di ekosistem ekonomi kreatif agar dapat berkembang,” jelasnya.

Memulihkan Sektor Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen dalam memulihkan dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif.  Adapun, upaya-upaya yang terus dilakukan, melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Selain itu juga pelaku pariwisata, ekonomi, kreatif, revitalisasi destinasi pariwisata, peningkatan resiliensi dan desain usaha, inovasi produk dan jasa, termasuk transformasi digital dan apreasiasi kreasi Indonesia, hingga pemulihan dan perluasan pasar melalui  kampanye tagar #diIndonesiaAja.

Saat ini prioritas Kemenparekraf, membangun kembali kepercayaan pasar supaya mobilitas masyarakat dapat meningkat. Tentu, hal ini harus dibarengi dengan implementasi protokol kesehatan yang baik.

Bagi Dr. Sandiaga, dengan memprioritaskan pemulihan pasar domestik dapat menjadi momentum yang tepat untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.  “Dengan memprioritaskan pemulihan pasar domestik terlebih dahulu, ini adalah momentum tepat untuk kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri “ katanya

 Gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” telah diluncurkan dan diturunkan melalui program stimulus. Dengan adanya program tersebut, Dr. Sandiaga berharap agar produk anak bangsa dari seluruh Indonesia mampu menggebrak dan membuka peluang pasar-pasar UMKM pada ranah global.

Sinergi Dan Integrasi

Ia juga mengingatkan, agar masyarakat tidak jalan sendiri-sendiri.“Kita tidak bisa jalan sendiri, sinergi dan integrasi harus menjadi _role model_ baru menuju penguasaan ekosistem menghadapi disrupsi yang sangat dahsyat,” lanjutnya.

Pada akhir sambutan, ia berharap agar acara UNS Innovation Festival dapat menciptakan ekosistem wirausaha yang baik dan dapat membangun kolaborasi dalam membangkitkan sektor pariwisata, ekonomi, dan kreatif.

“Selamat dan sukses kepada Universitas Sebelas Maret atas penyelenggaraan _innovation festival_. Semoga melalui acara ini dapat tercipta ekosistem wirausaha yang baik dan dapat membangun kolaborasi dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya. (Eps)