PIKNIK LITERASI, AWALI BELAJAR SISWA KELAS 3 SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA

 

Piknik bacanya seru. Bisa menambah wawasan, bisa menghibur. Jadi semangat membaca.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Lantunan lagu Mari Berliterasi dengan nada qasidah menggema di halaman SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Lagu itu dinyanyikan bersama-sama para siswa dan guru kelas 3 sekolah tersebut.

Selanjutnya, mereka terus menyemangati diri dengan senam literasi dan yel-yel literasi bersama. Hal ini mengawali pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2021/2022, siswa-siswi kelas 3 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Ini dilakukan mengikuti kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertajuk "Piknik Literasi" dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Koordinator kegiatan, Reni Agustin Priyatiningrum, S.Pd. mengatakan,tema tersebut dipilih sesuai dengan tujuan kegiatan.

Yaitu menanamkan kesan bagi para siswa, membaca adalah kegiatan yang menyenangkan sebagaimana piknik yang identik dengan kegembiraan dan pengalaman seru. "Kesan yang menyenangkan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran diri pada siswa untuk gemar membaca," harapnya.

Beberapa Wahana

Sesuai dengan tema Piknik Literasi, terdapat beberapa wahana yang dibuka untuk siswa. Pertama, wahana rimba baca, yaitu stand baca dengan buku-buku yang dibawa para siswa dari rumah dan di display  di depan.

Menanamkan kesan bagi para siswa, membaca adalah kegiatan yang menyenangkan sebagaimana piknik yang identik dengan kegembiraan dan pengalaman seru.

Kedua, wahana pesisir cerita, siswa dapat menceritakan kembali buku yang telah dibaca serta kesan dan pelajaran yang didapatkan melalui presentasi di depan peserta. Ketiga, wahana villa menulis, siswa dapat menuliskan kembali buku yang dibaca melalui mind mapping atau bentuk tulisan lainnya.

Armina Bahira Bandono (9), salah satu murid kelas 3 mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan hari ini. "Senang sekali ikut piknik literasi hari ini. Karena bisa baca buku bareng teman-teman. Main-main dan masuk tenda." ungkapnya

Sementara itu, murid kelas 3 lainnya, Hammam Mazid Abdullah (9), mengungkapkan keseruannya kegiatan hari ini. "Piknik bacanya seru. Bisa menambah wawasan, bisa menghibur. Jadi semangat membaca " ungkapnya. (Eps)