GELARAN PENCATUR JALANAN, AL AMIN : MELATIH KECERDASAN BERPOLITIK MELALUI STRATEGI CATUR


Al Amin (kanan, kaos biru), sambil bermain catur menjawab pertanyaan wartawan.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) –M inggu pagi (3/9/2023) nampak  pemandangan yang unik disudut Jl. Slamet Riyadi, Solo, tepatnya  di selasar Ngarsapura, berjajar tepat di depan KFC, tampak  beberapa kalangan orang bermain catur. Diantara mereka terlihat Al Amin SE, Caleg DPR RI Dapil V Jateng, dari Partai Amanat Nasional (PAN) juga sedang serius ikut bermain.

Berlatih bermain catur seperti ini, sebagai langkah mengatur strategi dalam berpolitik. “ Melalui catur, bisa melatih seseorang untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat, Kontes strategi jitu diperlihatkan oleh para pelaku olahraga catur, mulai catur kilat atau catur cepat “ ujar Al Amin kepada wartawan pagi itu

Amin mengaku, dirinya menyukai olah raga caturn ini sejak kecil, permainan beradu kemampuan otak dan beradu strategi untuk mengalahkan lawan ini sangat digemarinya. Dengan kesempatan ini, Ia sekaligus bersosialisasi dengan komunitas penggemar catur. Selain itu juga dibuka pendaftaran sekolah catur bagi anak-anak.

Catur itu cabang olahraga dengan mengasah otak, sehingga mampu berstrategi untuk mengalahkan lawan. Untuk itulah Benteng Kraton Chess Club (BKCC), Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) bekerja sama  menggelar catur jalanan.Tepatnya di kawasan car free day (CFD) di Ngarsapura Jalan Slamet Riyadi Solo. Di situ, masyarakat yang melintas di CFD bisa main catur bareng, baik catur klasik atau kilat.

Sekolah Catur

Selain itu juga dibuka pendaftaran sekolah catur bagi anak-anak. “Sudah hampir sebulan Catur CFD ini digelar,” kata Guntur Wahyu Nugroho, koordinator Catur CFD yang juga dibenarkan Wakil Ketua Bidang Organisasi Percasi Solo, Budi Setiadi. Kegiatan catur di CFD ini bertujuan untuk sosialisasi olahraga catur, di samping untuk menjaring bibit-bibit baru olahraga catur, khususnya anak-anak.

“Sebagai orang tua saya prihatin, anak anak sekarang banyak yang hanya sibuk main hape. Nah, dari pada main hape, lebih baik bermain catur. Catur itu cabang olahraga, olahraga prestasi,” kata Budi sembari mengatakan,  di Porprov 2023, Solo mendapat dua medali emas dan satu medali perak. Budi ingin, ke depan prestasi catur Solo bisa meningkat. (Her)