VAKSINASI DIGELAR  KRATON SURAKARTA , WALIKOTA  GIBRAN  BERHARAP WISATA  SEGERA  DIBUKA




Koordinator Sentra Vaksinasi R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo ( baju merah) mendampingi abdi dalem yang di vaksin

SOLO (JURNALKREASINDO.COM)-

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo terus dilakukan meski capaian sudah di atas 100 persen. Hari ini, Senin (20/9/2021), vaksinasi menyasar ke lingkungan Kraton Kasunanan Surakarta. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau langsung kegiatan tersebut. Selain Gibran, Kanjeng Ratu Pakoe Boewono (PB) Kanjeng Ratu  Ayu (KRAy) Adipati Pradapaningsih, prameswari Raja Kraton Solo PB XIII juga hadir dalam acara sentra vaksin di kraton Surakarta itu.

Kegiatan vaksinasi di lingkungan Kraton Kasunanan Surakarta ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, RST Slamet Riyadi (DKT) dan Salim Group juga PMI Solo di Pagelaran Sasana Sumewa Kraton Surakarta
Koordinator Sentra Vaksinasi R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan
vaksinasi berlangsung mulai 20 September-6 Oktober 2021 untuk tahap pertama dan 18 Oktober 2021-2 November 2021.
Sekitar 15.000 vaksin disiapkan untuk membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi.   

Yang Divaksin Tidak Hanya Abdi Dalem

Vaksin ini, tidak hanya dikhususkan untuk abdi dalem keraton saja. Namun juga masyarakat yang berkegiatan di sekitar lingkungan keraton. Diantaranya tukang becak, pedagang kaki lima, penjual souvenir. 
"Targetnya mereka yang beraktivitas di seputar beteng kraton, kawasan Baluwarti dan sekitarnya, sehingga tercapai herd immunity atau kekebalan komunitas di lingkungan Kraton Surakarta" paparnya. 
Untuk vaksin tidak hanya pemilik KTP Solo saja. Pasalnya, banyak abdi dalem, sentono dalem, juga berasal dari luar keraton Solo, diijinkan untuk mengikuti vaksin.  
"Alhamdulillah Pak Walikota Solo mengijinkan," jelasnya. 
Sebelumnya para abdi dalem di koordinir terlebih dahulu. Pihaknya juga bekerjasama dengan kecamatan yang ada di Solo serta masing-masing kecamatan juga mengirimkan perwakilannya.  
Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi sentra vaksinasi di Keraton Kasunanan Surakarta.
"Terimakasih hari ini ada serbuan vaksinasi di kraton Kasunanan Surakarta. Harapannya tempat pariwisata di Solo bisa segera pulih dan bisa dibuka kembali tentu dengan prokes yang ketat," papar Gibran yang siang kemarin banyak diminta warga untuk ber swa foto.-( Hari).