PAKASA CABANG SRAGEN, WILUJENGAN PERINGATI HARI ULANG TAHUN PAKASA KE-90

Sesepuh Pakasa Cabang Sragen, ketika mlakukan prosesi ritual potong tumpeng dalam peringatan HUT Pakasa Ke – 90.

SRAGEN (JURNALKREASINDO.COM) – Memperingati hari berdirinya Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pakasa) yang jatuh pada tanggal 29 Nopember 1931, maka untuk menyambut hari ulang tahunnya yang sekarang genap berusia 90 tahun, pihak Pakasa Cabang Sragen menggelar acara Wilujengan pada Senin (29/11/2021) di Sragen.

Peringatan yang sama  juga digelar secara  serentak dari beberapa kabupaten,seperti Kabupaten Klaten, Boyolali, Karanganyar, Pati, Purwodadi, kebumen, Banyumas, Banjarnegara, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Malang, Bojonegoro, Blora  dan Magetan.

KRAT.Suparno Widyaningrat.S.Pd, Ketua Paksa Cabang Sragen menyampaikan,  selain memperingati  ulang tahun Pakasa Ke 90, juga bersamaan dengan peringatan Tumbuk Ageng  Dra.GKR.Wandansari Koes Moertiyah.M.Pd, pada  5 Nopember 2021.

Sebagai tanda penghormatan dan kecintaannya dengan Keraton Trah Dinasti Mataram ini, semua keluarga besar Cabang Pakasa Cabang Sragen, selalu netepi gawa gawe Keraton Surakarta Hadiningrat,ikut, salah satunya telah melakukan kegiatan kerja bakti, membersihkan Alun-alun Utara keraton,

Seni Tradisional

Bahkan nanti pada perayaan Ultah Pakasa, juga akan mengikuti gelar seni budaya tradisional yang di selenggarakan di Pagelaran Keraton Surakarta. “Kami dapat giliran pentas, pada tanggal 3 Desember 2021  dengan menampilkan fragmen Ramayana” ujar Suparno

 Sedangkan Pakasa Cabang Ponorogo akan menggelar pentas puluhan Reog Ponorogo di Alun-alun Utara pada 5 Desember 2021  dan daerah lainnya menampilkan seni budaya daerah asalnya. Dalam acara peringatan itu terselenggara dengan cara sederhana.

Hanya dihadiri perwakilan dari anak cabang Pakasa Sragen, diantaranya pakasa Tangen, Ngrampal, Sambungmacan dan Gondang. Secara simbolis, KRA.Suseno SH pengayom Pakasa Cabang Sragen menandai dengan memotong tumpeng untuk diserahkan kepada ketua PAKASA Cabang Sragen, KRAT.Suparno Widyaningrat.S.Pd dan acara dilanjutkan dengan sarasehan.

Pada kesemptan itu, RT.Slamet Rumeksa, Pengurus Anak Cabang Jenar menyampaikan, dengan adanya memperingati hari lahir Pakaka ini, sebagai abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, sangat peduli ikut merawat dan nguri - uri Budaya Jawa yang bersumber dari Keraton Surakarta, yaitu Saraya, Setya Rumeksa Budaya Keraton Surakarta Hadiningrat. “Kalau bukan kita, lantas siapa yang harus menjaga ragam budaya yang Adi luhung ini” tandasnya. (Sri Wahono)