KADO ISTIMEWA AKHIRTAHUN, REKTOR UNS KUKUHKAN GURU BESAR BARU

 

Rektor UNS, Prof  Jamal Wiwoho mengukukuhkan Prof Irwan Trinugroho, SE. MSc Ph.D sebagai Guru Besar (kado Istimewa).

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh kado istimewa diakhir tahun 2021. Kado tersebut, yaitu dikukuhkannya guru besar baru di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada usia yang sangat muda yaitu 37 tahun.

Ia adalah Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. guru besar Ke-19 FEB dan Ke-245 UNS. Acara pengukuhan dilaksanakan secara hybrid,  luring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS serta daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung di akun Youtube UNS.

Acara ini diselanggarakan pada, Kamis (30/12). Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengaku bangga dengan penambahan guru besar ini. “Kami patut berbangga, karena di penghujung tahun 2021, UNS menerima kado istimewa berupa penambahan seorang guru besar” katanya

Setidaknya, penambahan guru besar ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan UNS untuk terus menerus berusaha memenuhi jumlah ideal guru besarnya. Jamal berharap agar para guru besar di UNS memiliki beberapa kebiasaan yang memiliki dampak di lingkungan masyarakat.

Berbasis Kearifan Lokal

“Alangkah eloknya jika para guru besar UNS memiliki kebiasaan menggali kajian-kajian ilmu berbasis kearifan lokal, bukan hanya cenderung mengkaji fenomena berdasarkan teori-teori perspektif barat. Menjadi profesor bukan soal pemenuhan syarat administrasi saja” paparnya

Prof Jamal Wiwoho, ketika memberikan pesan dan kesan atas dikukuhkannya Prof Irwan Trinugroho, SE. MSc Ph.D sebagai Guru Besar termuda.

Melainkan produktivitas, kapasitas, wibawa dan pengaruhnya bagi dunia profesi dan lingkungan masyarakat” ungkap Prof. Jamal sembari merinci, saat ini UNS memiliki 207 guru besar aktif dan yang memiliki Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), 1.855 dosen, 1.921 tenaga kependidikan dan 44.000 mahasiswa” jelasnya

Prof. Jamal mengatakan, seluruh komponen tersebut merupakan modal dan kekuatan yang dahsyat,  jika digerakkan untuk membangun masa depan UNS dan mewujudkan kemajuan peradaban bangsa Indonesia.  secara khusus dipesankan kepada Prof. Irwan, agar bersedia memfasilitasi akses masuk dan menjadi jembatan penghubung ke dunia internasional bagi para dosen UNS.

“Kepada Prof. Irwan Trinugroho, guru besar termuda UNS yang saat dikukuhkan, berusia 37 tahun, saya ingin menyampaikan ajakan, agar dengan kekuatan dan luasnya jaringan internasional yang Saudara miliki saat ini, kiranya bersedia memfasilitasi akses masuk dan sekaligus menjadi jembatan penghubung ke dunia internasional bagi para dosen UNS,” ucap Prof. Jamal. (Eps)