MAHASISWA UNISRI MERAIH PESTASI DI BIDANG OLAHRAGA DAN AKADEMIK TINGKAT NASIONAL

 

Prof, Dr Sutoyo, MPd bersama piala kejuaraan yang di raih mahasiswa Unisri tahun 2022 ini. 

SOLO (JURNALKREASINDO.COM)Dipenghujung akhir  tahun 2022 mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kembali mengadiahkan prestasi untuk kampusnya. Baik pada pencapaian prestasi dibidang olahraga maupun akademik.

“Sehingga hal ini membanggakan warga kampus dan sekaligus mengangkat nama besar Unsiri Surakarta” ujar Prof, Dr Sutoyo, MPd, pembantu rektor III bidang kemahasiswaan, pada Rabu (30/11)  kepada sejumlah wartawan di ruang Senat, Kampus Unisri Surakarta

Untuk bidang olahraga, dalam mengikuti Livoma (liga Voli mahasiswa) yang  diselanggarakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada 21 – 25 November 2025, salah satu mahasiswa putri Unisri atas nama  Almalina Fatika Putri dinobatkan sebaga pemain terbaik.

Dan Tim bola voli putrinya, meraih prestasi terbaik, karena mendapatkan juara 1. Untuk itu Tim Bola Voli putri Unsri Surakarta ini berhak menerima piala bergilir dari Kemendikristek serta piala tetap dari UNS Surakarta.

Tim Voli Putra

Untuk kompetisi  olahraga ini, memang kontingen bola voli putra tidak diikutsertakan, karena mereka sedang mengikuti kompetisi Pomnas (pekan olahraga nasional) 17, di Padang, Sumatra Barat. Pomnas 17 ini diselenggarakan pada 17-20 November 202.

Karena kontingen kompetisi olahraga ini merupakan perwakilan dari Tim Jawa Tengah, maka Unisri Surakarta mengirimkan 7 mahasiswa di bidang olahraga bola voli putra-putri, bulu tangkis, tenis meja serta Taekwondo. “Semuanya mendapatkan medali perak dan perunggu, meskipun belum berhasil mendapatkan medali emas” tegas Sutoyo

Prestasil lain dibidang olahraga, khususnya tenis meja  dan cukup membanggakan diraih oleh Alfan Sena Pramudya, sebagai juara pertama diajang kejuaraan tenis mejatingkat  nasional yang digelar di Universitas Negeri Semarang  (Unes).

Bidang Akademik

Unisri Surakarta bukan hanya dapat menjuari di bidang olahraga saja, namun tidak kalah prestasinya dibidang akademik. Hal ini dibuktikan dalam mengikuti lomba di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) pada 29 November sampai 4 Desember 2022, di Malang, Jawa Timur.

Karya mahasiswa Unisri Surakarta yang mengambil tema ‘Pemberdayaan Siswa Disabilitas YPAC Prof Suharso, Surakarta melalui Program Mantab penampil’ lolos di pimnas yang diselenggarakan di malang. “Untuk dapat lolos itu tidak mudah, karena pesaingnya dari berbagai perguruan tinggi besar, tetapi nama Unisri sudah tercatat” papar Sutoyo lagi

Pada dua tahun yang lalu, mahasiswa Unsri Surakarta juga meraih juara di Pimnas Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia( KMI) Expo dengan mengajukan dua tema, mengangkat soal pemanfaatan telepon seluler untuk jasalaundry dan kreasi olahan arem-arem dengan sebutan sushi van java. (Her)