HINDARI MACET, KA BATARA KRESNA MEMBERI SOLUSI PENUMPANG SOLO – WONOGIRI PERGI PULANG

KA Batara Kresna, siap memberi solusi bagi penumpang yang enggan terganggu, karena macet.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Kereta Api (KA)Batara Kresna memiliki waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan 10-30 km/jam. Perjalanan dengan KA ini sebagai salah satu upaya untuk menghindari macet.

Ungkapan itu diutarakan Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta,  Franoto Wibowo pada Selasa (29/11/2022) kepada sejumlah wartawan. Hal ini sehubungan dengan PT KAI ( Persero) Daop 6 Yogyakarta memiliki layanan transportasi yang dapat digunakan masyarakat.

Penumpang jika ingin bepergian dari Solo - Wonogiri maupun sebaliknya, maka bisa menempuh transportasi dengan  KA Batara Kresna ini. Adapun KA Batara Kresna memiliki rute dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Wonogiri pergi pulang (PP).

Sepanjang  perjalanannya  melewati stasiun Solokota, Sukoharjo  dan Pasar Nguter. Langkah ini dilakukan PT KAI sebagai  solusi menempuh perjalanan  murah dan anti macet bagi masyarakat yang berdomisili maupun sering bepergian ke tempat-tempat tersebut.

Solusi dan Sosialisasi

Dalam menyampaikan hal tersebut Franotodidampingi  Abdurrohman, Pejabat Pembuat Komitmen Subsidi Angkutan Perintis BTP Jabagteng saat berlangsung Sosialisasi KA Batara Kresna yang diikuti kalangan media dan komunitas pencinta kereta api.

Juga dikatakan Franoto,  KA Batara Kresna memiliki waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan 10-30 km/jam. “Bagi masyarakat yang menghindari macet ataupun capek ketika ingin bepergian dari daerah Solo ke Wonogiri atau sebaliknya dapat menggunakan KA Batara Kresna sebagai solusi” katanya

Perawatan KA Batara Kresna selalu terjaga setiap saat, demi keselamatan penumpang.

Selain itu, tiket KA Batara Kresna juga sangat terjangkau, bahkan bisa dibilang relatif murah, yaitu hanya Rp 4.000,- saja. Penumpang juga dapat menikmati  pemandangan mengesankan dari luar kereta  api. .

Membuat Hati Tenteram

Dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota, Batara Kresna akan berjalan bersisian di Jalan Raya Slamet Riyadi menunjukkan kepada penumpang pemandangan ramainya Kota Solo.  Setelah itu perlahan pemandangan akan tergantikan dengan hijaunya persawahan yang membuat hati tenteram.

Rel Kereta di Wonogiri yang berada di kaki Gunung Gandul termasuk dataran tinggi, sehingga membuat penumpang dapat melihat sedikit landskap wilayah kota Wonogiri. Sementara itu, Abdurrohman mengatakan pada bulan September - Oktober 2022 KA Batara Kresna telah menjalani P48 (perawatan 4 tahunan) untuk menjaga keandalan sarana.

Perawatan yang  dilakukan antara lain engine, traksi motor, bogie, alternator, gear box, kompressor, panel  elektrik, sistem pengereman dan pengecatan. Selama masa pemeliharaan ini, jajaran BTP Jabagteng terjun langsung ke lapangan untuk memastikan setiap komponen KA Batara Kresna mendapatkan perawatan yang optimal.

Konektivitas Dan Aksesibilitas

Penyelenggaraan angkutan KA Perintis Batara Kresna menjadi wujud kehadirian Pemerintah, dalam penyediaan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat terhadap angkutan umum massal. untuk  membeli tiket KA Batara Kresna terbilang sangat mudah.

Masyarakat dapat membeli tiketnya pada hari keberangkatan melalui KAI Access atau secara langsung di loket stasiun sesuai dengan jam buka loket. “Oleh karenanya bagi masyarakat yang tidak ingin ribet harus datang ke stasiun, belum lagi antri dan masih harus nunggu loket buka” jelasnya

Maka calon penumpang  bisa memesan tiketnya secara online menggunakan aplikasi KAI Access. Cukup dari rumah, di pesan pada hari keberangkatan. Dalam satu hari, saat ini terdapat 4 perjalanan KA Batara Kresna, dua kali keberangkatan dari Stasiun Purwosari dan dua kali keberangkatan dari Stasiun Wonogiri.

Protokol Kesehatan

PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta, selaku operator KA Batara Kresna masih memberlakukan protokol kesehatan guna menjaga pelanggan dari Covid-19. “ KA Batara Kresna merupakan KA Lokal di Daop 6 , sesuai SE Kemenhub No 84 tahun 2022” paparnya

Untuk dapat naik KA Batara Kresna, maka syaratnya penumpang wajib sudah vaksin dosis pertama , harus dalam keadaan sehat. Selain itu, penumpang juga harus mematuhi protokol Kesehatan utamanya memakai masker. Informasi selanjutnya, terkait KA Batara Kresna, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui  no 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id/ media sosial KAI121. (Njar)