WINARTI DIKUKUHAN MENJADI GURU BESAR BARU UNISRI

 

Prof. Dr. Dra Winarti, MSi, ketika menyampaikan orasi ilmiahnya.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kembali mengukuhkan guru besar baru, Prof. Dr. Dra Winarti, MSi di bidang Ilmu Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik, pada Senin (30/01/2023) di Auditorium Kampus Unisri, Solo.

 Dengan demikian, kini Unisri memiliki 5 guru besar.Dalam orasi Ilmiahnya Winarti mengetengahkan judul  ‘ Kebijakan pengembangan Potensi Daerah Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat’. Dalam hal ini ada 3 tahapan besar Kebijakan Publik, yakni formulasi kebijakan, Implementasi dan evaluasi.

“Kebijakan publik itu merupakan kewenangan pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya, utamanya yang berhubungan dengan masyarakat dan dunia usaha. Dimana pemerintah menata kehidupan masyarakat dalam segala aspek” papar Winarti

Prosesi pengalungan samir dari rektor Unisri Prof. Dr. Drs Sutoyo. MPd.

Namun dari hasil penelitian yang dilakukan Winarti, seringkali pemerintah tidak terbuka. Artinya, meski kebijakan yang diambil pemerintah  itu diumumkan secara terbuka di masyarakat, namun hasil evaluasinya sering kali tidak diberitakan di tengah-tengah masyarakat.

Kepentingan Publik

Dengan demikian, masyarakat  tidak mengetahui. Padahal, kebijakan itu berorentasi pada kepentingan publik (masyarakat). Sedangkan pengertian kebijakan (policy), merupakan prinsip untuk mengarahkan pengambilan keputusan.

Sehingga kebijakan publik itu, bertujuan untuk mengatasi masalah yang timbul dalam kehidupan masyarakat. “Kami berharap, kalau kita menjadi pejabat jangan menggeser dana yang bukan haknya atau ibarat pedagang, jangan mengurangi berat timbangannya” harapnya

Prof. Dr. Dra Winarti, Msi, ditengah-tengah petinggi Unisri Surakarta. 

Mengutip pendapat  James Anderson (1979) yang mengatakan, kebijakan dipergunakan untuk menunjuk seorang aktor (misalnya pejabat, kelompok maupun lembaga pemerintah) dalam suatu bidang kegiatan tetentu yang merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia.

Berkualitas Se- Asean

Sementara itu, rektor Unisri Prof. Dr. Drs Sutoyo. MPd dalam sambutannya menuturkan, dengan dikukuhkan Prof.Dr.Dra Winarti Msi diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi para dosen untuk bisa menyusulnya.

Karena suatu perguruan tinggi jika memiliki banyak guru besarnya, akan menambah nilai tawar dan kenaikan derajat di masyarakat. “Karena kedepan, Unisri bercita-cita dapat meraih capaian sebagai perguruan tinggi yang berkualitas Se- Asean” tandasnya

Untuk itu para dosen harus terus belajar miningkatkan kualitas dan kompetennya, sehingga dapat menjadi profesor sejati  yang mampu menularkan ilmunya melalui pengajaran kepada mahasiswa, konduktif dan mampu dijadikan inspirasi, bagi generasi di masa depan. (Her)