UNSA INNOVATION DAY 2023, LAUNCHING PROGRAM KAMPUS MANDIRI

 

Pengguntingan pita oleh Rektor Unsa, Astrid Widayani, menandai dibukanya acara Unsa Innovation Day.

SURAKARTA (JURNALKREASINDO.COM)Untuk melaksanakan Tridharma Perguruan tinggi, terutama dalam mengeplementasikan kebijakan MBKM dengan program mandiri , maka pada Kamis (30/03/2023), di Auditorium  Prof. Dr. S.Brodjo Sudjono (SBS), Kampus Universitas Surakarta menggelar  Unsa  Innovation Day 2023.

Sehubungan dengan hal ini, Unsa  melaunching beberapa program yang berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait. Sedangkan program-program yang di launching sore itu diantaranya smart village, KKN tematik budaya, Lingkungan dan literasi, Desa/kampung wisata, dan wirausaha muda berdaya.

Untuk pelaksanaan program Ustrid Widayani, SE, SS, MBA menjalin kerjasama diantaranya dengan BNI, RS. Hermina, RRI, Lembaga Bantuan Hukum, Bursa Efek, Proliterasi dan beberapa pihak lagi yang tidak dapat disebutkan satupersatu disini. Hubungan baik dengan berbagai pihak itu dilakukan secara penthahelix.


Hj Astrid Widayani, SE, SS, MBA, ketika pidato ilmiahnya di  

Baik mulai dari sesama perguruan tinggi, bisnis atau Industri, komun]itas, pemerintah dan rekan jurnalis. “Saya yakin, yang dibutuhkan perguruan tinggi sekarang ini inovasi dan kolaborasi dengan pihak lain” ujar Astrid dalam pidatonya, sebelum membuka acara Innovation Day 2023.

Jelang Seperempat Abad

UNSA telah berproses menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa selama kurun waktu 24 tahun. Tahun ini merupakan tonggak awal pengembangan institusi dengan semangat seperempat abad atau 25 tahun Unsa.

UNSA hingga saat ini telah berganti rektor sebanyak 4 kali, sehingga Astrid dikukuhkan menjadi Rektor UNSA Ke 5 menjelang Dies Natalis UNSA yang ke-25 ini atau seperempat abad. “Semangat dan dedikasi yanUNSA telah berproses menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa selama kurun waktu 24 tahun.

Tahun ini merupakan tonggak awal pengembangan institusi dengan semangat seperempat abad atau 25 tahun Unsa. UNSA hingga saat ini telah berganti rektor sebanyak 4 kali, sehingga Astrid dikukuhkan menjadi Rektor UNSA Ke 5 menjelang Dies Natalis UNSA yang ke-25 ini atau seperempat abad.

Penandatanganan kerjasama Unsa dan RS Hermina, di Auditorium  Prof. Dr. S.Brodjo Sudjono, Kampus Unsa.

UNSA telah berproses menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan bangsa selama kurun waktu 24 tahun. Tahun ini merupakan tonggak awal pengembangan institusi dengan semangat seperempat abad atau 25 tahun. UNSA hingga saat ini telah berganti rektor sebanyak 4 kali.

Regenerasi Rektor

Sehingga  Astrid dikukuhkan menjadi Rektor UNSA Ke 5 menjelang Dies Natalis UNSA yang ke-25 ini atau seperempat abad.  “Semangat dan dedikasi yang kuat dari para pendahulu, akan menjadi panutan kami sebagai regenerasi penerus rektor Unsa” tambah Astrid

Seperti halnya konsep nunggak semi, nunggak berasal dari kata tunggak yang artinya adalah batang pohon yang telah ditebang. Biasanya dari bekas batang pohon yang ditebang akan muncul tunas baru yang disebut dengan istilah semi. “Harapannya tunas-tunas tersebut semakin tumbuh dan berkembang di atas pijakan akar yang kuat” paparanya

Diharapkan UNSA bisa menjadi The Rising University in Central Java dengan 14 Program Studi. “Dengan Visi menjadi Universitas berbasis kewirausahaan unggulan” katanya sembari menambahkan, dengan sebuah capaian budaya kerja baru CREATIVE, yang berlandaskan semangat collaborative, responsible, educative, agile, trustworthy, innovative, visionaire, and entrepreneur.

Secara geografis Unsa berlokasi di lintas sektoral antar 2 wilayah, yaitu Pemkot Surakarta dan Pemkab Karanganyar. Hal ini berdasarkan dari fokus kontribusi pada wilayah terdekat. “Sebagai wujud pengabdian masyarakat dan tanggung jawab moral kami, khususnya pada 2 wilayah ini” tukasnya. (Her)