87,5 PERSEN SISWA SMA PRADITA DIRGANTARA LOLOS TES UTBK SNBT 2023

Didampingi Ketua Kadin Solo, Ferry indrianto, Nanny memberikan keterangan kepada wartawan.

BOYOLALI (JURNALKREASINDO.COM) – Kendati SMA Pradita Dirgantara, Boyolali ini baru meluluskan siswanya dalam tiga angkatan, namun memiliki prestasi yang  luar biasa. Karena para siswa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023, dinyatakan lolos 87,5 persen.

Dari sejumlah  120 siswa kelas 12 SMA Pradita Dirgantara yang mengikuti UTBK SNBT serentak pada Mei 2023, maka dari jumlah tersebut yang berhasil diterima di 14 perguruan tinggi negeri, diseluruh ndonesia  ada 105 siswa. Secara rinci disebutkan, untuk Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus favorit tujuan siswa SMA Pradita Dirgantara dengan total 36 diterima.

Selanjutnya Institut Teknologi Bandung (19), Universitas Indonesia (13), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (11), Universitas Brawijaya (7), Universitas Diponegoro (6), Institut Pertanian Bogor (5), dan Universitas Sebelas Maret (2). Selain itu juga  1 siswa SMA Pradita Dirgantara  diterima di Universitas Lampung dan Universitas Jendral Soedirman. 

Para wisudawan SMA Pradita Dirgantara, berfoto bersama orang tua/wali siswa seusai diwisuda.

 Ada lagi yang diterima di  Universitas Airlangga, Universitas Veteran Jogja, Universitas Negeri Jogja, dan Universitas Udayana. “Ada  15 siswa yang belum lolos SNBT, sebenarnya ada 6 yang sudah memastikan diri diterima di perguruan tinggi luar negeri” ungkap Nanny Hadi Tjahjanto, salah satu  pendiri SMA Pradita Dirgantara sekolah ini

Menggelar Wisuda

Dari enam siswa yang diterima itu masing-masing di  International Undergradute Program (IUP) dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Lalu, 9 siswa lainnya masih akan berjuang melanjutkan peminatan ke jenjang berikutnya. Selain prestasi capaian tersebut  pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang diumumkan pada Maret 2023 lalu.

Tercatat  ada 13 siswa SMA Pradita Dirgantara  juga telah diterima di kampus pilihan masing-masing. Sedangkan yang membanggakan lainnya,  ada 25 siswa SMA Pradita Dirgantara  yang juga mengikuti UTBK SNBT sejatinya telah diterima di perguruan tinggi luar negeri. Prestasi ini diungkapkan Nanny kepada sejumlah wartawan pada Jumat 22 Juni 2023.

Pernyataan itu diutarakan Nanny seusai pihak SMA Pradita Dirgantara menggelar wisuda di gedung auditerium sekolah itu. Para wisudawan juga  dihadiri langsung para orang tua/wali wisudawan masing-masing.  “Para wisuda angkatan ke-3 ini mendapat kado istimewa dari Triastara (sebutan wisudawan angkatan ke-3) yang hampir seluruh siswa menerimanya.

Disiarkan Streaming

Rangkaian wisuda itu disiarkan secara streaming di channel YouTube dan Instagram SMA Pradita Dirgantara. Tampak hadir, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han) ini, Ketua Harian (Kethar) Yasarini, Ny. Thres Gustaf Brugman, jajaran TNIU AU, para Pengurus Yasarini, serta tamu undangan di lingkup Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta.

Pada sambutannya, Wakasau menuturkan, SMA PD menjadi sekolah menengah atas yang tiap tahun memberi kejutan di tiap kelulusan. “Hampir tiap angkatan, sekolah ini selalu viral beritanya dimana-mana. Ada yang diterima di puluhan kampus luar negeri sampai viral dan yang terbaru angkatan ke-3 ini hampir semua siswa kelas 12 diterima di SNBT,” papar Wakasau

Wakasau juga berpesan agar para wisudawan tetap menjalin silaturahmi dengan civitas dan alumni. Menurut Wakasau, ikatan yang kuat antara alumni dan sekolah adalah wujud soliditas SMA PD untuk tetap menjaga komunikasi yang baik. Sementara itu penasihat Yasarini,  Nanny Hadi Tjahjanto yang turut hadir memberikan wejangan.

Sebuah Kepuasan

"Anak-anakku, jika kalian sudah number one, bukan berarti itu sebuah kepuasan. Ingat, belajar terus, tingkatkan terus, supaya kalian tetap selalu number one. Insya Allah, ke depan, kalianlah yang akan menjadi pemimpin bangsa dan jangan lupa selalu jaga nama baik almamater, sehingga sekolah yang selama ini sebagai tempat belajarmu menjadi sekolah unggulan” papar Nanny

Direktur Utama SMA Pradita Dirgantara, Kolonel Adm Ari Presmena Tarigan juga turut mengungkapkan rasa bangga terhadap capaian Triastara. "Dari angkatan ke-1 hingga angkatan ke-3, SMA ini selalu membuat bangga. Capaian ini adalah bukti hasil kerja keras seluruh civitas,” tutur Tarigan sembari menambahkan, pada prosesi wisuda ini, penghargaan diberikan secara khusus.

Tepatnya kepada 4 wisudawan yang memiliki prestasi membangggakan selama menempuh studi di SMA Pradita Dirgantara, masing-masing kepada Ryura Assyifa Ramadhina (The Most Popular Student), Felicia Tiffany Hertad (The Best Non-Academic Achiever), Shawn Gabriel ( The Best Academic Achiever) dan  M. Zulfikar Avicenna (The Best Scorer Achiever). (Her)