STIE GELAR LOMBA AKUNTANSI, SMK KANISIUS SURAKARTA MENJADI FINALIS

Dari kiri : Nathan Thomas, Yuli Pramana dan Ginanjar Rahmawan, ketika memberikan keterangan kepada wartawan. 

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Dalam lomba akuntansi dengan tajuk ‘Accounting Fun Competition 2023’ yang  diselenggarakan Sekolah Tinggi lmu Ekonomi (STIE Surakarta) pada tanggal 10 – 18 Juni 2023 yang berlokasi di Kampus STIE Surakarta dan Solo Paragon Mall

SMK Kanisius Surakarta berhasil menjadi finalis dalam lomba akuntansi tersebut, sedangkan lomba diikuti  40 tim. Dengan demikian,  Lomba Akuntansi tingkat Surakarta  ini membuktikan, bahwa SMK  Kanisius menunjukan perubahan dalam 6 bulan terakhir.

Hal ini sejalan dengan target SMK Kanisius Surakarta untuk menjadi sekolah kejuruan akuntansi terbaik di Surakarta pada tahun 2028. Pencapaian target itu, didukung 3 profesional sebagai pengajar di sekolah, yakni Nathan Thomas,S.E.,M.Ak..Ak. (konsultan pajak )

Nathan dikenal sebagai professional konsultan pajak lebih dari 11 tahun, menjadi guru Mapel Administrasi Pajak.  Ganung AB,S.E.,CPA,CPI. Sebagai seorang Owner Kantor Akuntan Publik Ganung AB (sudah berpengalaman sebagai akuntan publik selama 22 tahun).

Ganung mengajar praktisi Mapel Akuntansi Keuangan dan Dr.Dewi Saptantinah,S.E.,M.Si.,Ak, CA (Owner Kantor Jasa), juga  Akuntan (KJA) yang telah berpengalaman selama 20 tahun di dunia Akuntansi, diserahi menjadi guru praktisi Mapel Praktik Akuntansi.

Alat Komunikasi Bisnis

Dalam rangka mendukung keberhasilan kurikulum merdeka kali ini, SMK Kanisius akan melakukan pendampingan bisnis untuk perusaahaan nasional maupun UMKM, dengan alasan karena akuntansi adalah alat komunikasi bisnis.

Pada kesempatan jumpa pers yang diselenggarakan pihak SMK Kanisius Surakarta itu, Ginanjar Rahmawan, Certified Financial Planner (CFP), Dosen STIE Surakarta dan pemilik 5 HAKI ini mengatakan,  perkembangan di SMK Kanisius mengalami peningkatan pesat yang luar biasa.

Hal ini terjadi setelah melibatkan 3 praktisi akuntansi dalam 6 bulan terakhir, sehingga bisa meraih kemenangan di lomba akuntansi yang diselenggarakan STIE Surakarta. “Meski kondisi perekonomian pasca covid belum pulih 100%, namun perkembangannya sudah baik “ katanya

Posisi Positif

Kondisi ini dipengaruhi oleh fungsi Akuntansi yang merupakan alat komunikasi bisnis yang dapat mengembalikan posisi bisnis yang awalnya negatif menjadi positif. Dimana kembalinya ke posisi positif ini berdasarkan pelaporan akuntansi yang diajukan.

Di Jawa Tengah dan DIY masih banyak perusahaan yang belum melakukan pelaporan akuntansi dengan tepat waktu dan valid, sehingga SMK Kanisius Surakarta menempatkan diri sebagai penyedia teknisi akuntansi/pajak yang handal.

Sementara itu kepala sekolah SMK Kanisius Surakarta, Drs Yuli Pramana, SMT mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengajar atas dukungannya,  sehingga sekolah yang dipimpinnya menjadi juara lomba Akuntansi tingkat Surakarta ini. (Her)