DIES NATALIS 43 UNISRI, PROF. DR. SUTOYO : MENJADIKAN UNIVERSITAS BERMUTU DI ASEAN BERLANDASKAN NILAI-NILAI PERJUANGAN SLAMET RIYADI

 

Dalam sambutanya, Rektor Unisri Surakarta ini berharap menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing di tingkat nasional maupun Asia Tenggara.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Dalam memperingati diesnatalis Ke 43, Universitas Slamet Riyadi ( Unisri) Surakarta membuka kelas internasional untuk beberapa program studi. perguruan tinggi swasta itu juga membuka program fast track untuk Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan FISIP.

Disamping itu juga me-Launching pembukaan kelas internasional dan program fast track dilakukan bersamaan dengan peringatan dies natalis ke-43 Unisri, di kampus setempat, Rabu (21/6/2023). Selain itu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Universitas Malaysia Sabah.

Pada kesempatan itu, Unisri  membuka kelas internasional dan program fast track serta penandatanganan MoU dengan UMS sesuai visi Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta 2026. ‘Menjadi universitas bermutu di Asia Tenggara berlandaskan Pancasila dan nilai nilai perjuangan Slamet Riyadi’

Dalam sambutannya, Rektor Unisri Surakarta, Prof.Dr.Drs. Sutoyo, MPd Unisri telah mempersiapkan langkah strategis untuk melaksanakan kurikulum kampus mandiri, menerapkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

Kemajuan Teknologi

Lulusan Unisri, kata rektor, diharapkan siap memasuki era society 5.0 atau masyarakat yang mampu menyeimbangkan kemajuan teknologi dengan penyelesaian masalah sosial dan bisnis melalui sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

“Menghadapi tantangan kedepan semua pihak diperlukan  bekerja lebih cermat, giat, disiplin, serta pantang menyerah.  Sehingga mampu mendapat kepercayaan dari masyarakat, dunia usaha dan industri, maka diperlukan kolaborai dengan dunia luar.

Prof. Dr. Drs. Sutoyo, MPd, mewakili Unisri memberi cidramata untuk Kementerian Ketenagakerjaan.

Dengan harapan  bisa memperingati kelahiran serta merefleksikan peran Universitas Slamet Riyadi dalam mencetak SDM unggul Indonesia. Keberadaan kita saat ini tentu juga tidak terlepas dan jerih payah para pendahulu maupun rekan-rekan yang senantiasa bekerja keras.

Arahan Dan Bimbingan

Rektor juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Koordinator LLDikti Wilayah 6 Jateng dan YPT Slamet Riyadi atas arahan dan bimbingannya. seluruh pejabat structural serta dosen dan karyawan di lingkungan Unisri.

Perguruan tinggi yang dipimpinnya ini bertekad menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing di tingkat nasional maupun Asia Tenggara. Berdasarkan data 2020-2023 Unisri telah meraih hibah kompetisi dari Dikti hampir sebesar 8,5 Milyar.

Sebuah capaian yang luar biasa, artinya Unisri saat ini mulai diperhitungkan, mendapatkan kepercayaan dari Ditjen Dikti, sebagai universitas yang dikelola dengan baik, sesuai standar

pendidikan tinggi dan professional. Peringatan Dies Natalis ke 43 mengambil tema ‘Mewujudkan Lulusan Berkualitas, Menuju Indonesia Emas’.

Pantang Menyerah

Bahkan diperlukan terus belajar, memiliki sifat kreatif, berjiwa entrepreneur, jiwa kepemimpinan, dan bisa bekerjasama dalam pekerjaan. “Tantangan yang kian berat mengharuskan kita bekerja lebih cermat, giat dan disiplin, serta pantang menyerah” jelasnya

Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja Aris Wahyudi dalam orasinya berjudul  ‘Mewujudkan Lulusan Berkualitas Menuju Indonesia Emas’ menjelaskan , tantangan ketenagakerjaan.

Maka  harus menyelesaikan peningkatan produktifitas dan daya saing angkatan kerja. Hal ini penting dalam rangka recovery pasca pandemi sekaligus untuk menjawab persaingan global yang makin kompetitif. (Her)