UNISRI JALIN KEMITRAAN DENGAN BERBAGAI STAKEHOLDER, UNTUK MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT


 

Dari kiri : Yona Ervina, Dr. Joko Pramono, S.Sos., M.Si dan Itasari Andri Astuti, SKom, MKom ketika memberi keterangan kepada wartawan.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Salah satu upaya untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, baik tentang kualitas maupun kuwantitasnya, maka pihaknya selalu menjalin kerja sama atau kemitraan dengan berbagai stakeholder. Ungkapan ini diutarakan Wakil Rektor III Unsri Dr. Joko Pramono, S.Sos., M.Si.

Ungkapan Joko itu didampingi Yona Ervina, Kepala Unit ehumasan dan Itasari Andri Astuti, SKom, MKom, Kepala UPT Kerjaasama yang mengatakan kepada sejumlah wartawan, pada Jumat (21/07/ 2023)di salah satu restorant di Solo. Dengan demikian Joko merasa optimis dalam menyambut pedaftaran mahasiswa tahun ajaran 2023-2024 kali ini akan mencapai target 2000 mahasiswa baru.

“Jumlah mahasiswa baru itu sudah kami sesuaikan dengan kapasitas ruang dan rasio dosen” ujarnya sembari menambahkan, sampai hari ini sudah ada 1000 lebih calon mahasiswa yang diterima di Unsri sebagai mahasiswa baru. Sehubungan dengan hal tersebut, maka salah satunya cara pencapaian mahasiswa baru yang ditargetkan.

Itasari (kanan) bersama Yona, pendukung inti kemajuan Unisri  Surakarta.

Terkait dengan itu, Joko meminta dukungan para awak media untuk menjalin kemitraan dalam mempublikasikan agenda-agenda di pergyruan tinggi ini. Kegiatan ini sebagai upaya mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap kampus Unisri, sekaligus berharap animo pendaftar mahasiswa baru  semakin meningkat.

Peminat Tinggi

Selain itu,  sebagai pejabat baru bidang kemahasiswaan dan usaha yang  salah satu tugas menjalin kemitraan dengan media.  “Kami juga menggunakan metode konvensional. Seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah, liflet, baliho, memaksimalkan media sosial, serta jalinan dengan alumni. Menerutnya peminat untuk masuk Unisri cukup tinggi.

Dari hari ke hari kenaikan pendaftaran mengalami kenaikan cukup signifikan, Dditambah ketika beberapa mahasiswa tidak mendapatkan kursi ke perguruan tinggi negeri, banyak yang lari ke Unisri. Sementara program studi (prodi) yang banyak disukai pendaftar adalah prodi  Manajemen, Ekonomi, Hukum dan Ilmu Komunikasi.

Pendaftar tahun lalu disebutkan , teridentifikasi ada mahasiswa baru dari 200 kabupaten/ kota, tetapi tahun ini ada lebih dari 200 kabupaten kota, termasuk luar Pulau Jawa. "Tahun ini juga ada beberapa mahasiswa dari Timor Leste. Dimana saat ini Kantor Urusan Internasional (KUI) yang dimiliki Unisri sedang menyiapkan dokumen atau uborampe untuk mahasiswa asing.

Beberapa Kemitraan

Semantara itu, Itasari Andri Astuti, SKom, MKom mengatakan, kehadiran mahasiswa Timor Leste ini bukan sebagai hal baru, mengingat sudah beberapa kali mahasiswa Timor Leste kuliah di UNISRI. "Khusus yang  dari Timor Leste, dengan memakai metode promosi gethok tular “ jelasnya sambil menambahkan, bahwa UNISRI selalu aktif membekali mahasiswa untuk  memperkenalkan kampusnya secara baik dan lengkap.

Apalagi selama ini informasi yang diperoleh mahasiswa baru tentang Unisri banyak juga yang diperoleh dari teman dan orang tua, selanjutnya media sosial dan brosur. Unisri selain menjalin kemitraan dengan nstansi pemerintah kota/kabupaten, juga dunia kerja maupun prakerja, seperti  instansi swasta, perusahaan maupun industri.

Bahkan samapai disitu saja, tetapi juga dengan kampus-kampus di perguruan tinggi lain, di Indonesia maupun negara lain. Hal ini dilakukan Unisri untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman yang bernilai. “Kami juga bermitra dengan berbagai lembaga keungan seperti Bank, yang salah satunya untuk kerjasama tentang fasilitas beasiswa” tuturnya. (Her)