PRODI HI UNISRI RANCANG KURIKULUM PROGRAM MBKM INOVATIF, ADAPTIF DAN KOLABORATIF


Sosialisasi Kurikulum MBKM Kepada Prodi-Prodi di Lingkungan tentang rancangan Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Slamet Riyadi (Unisri ) Surakarta menggelar Sosialisasi Kurikulum MBKM Kepada Prodi-Prodi di Lingkungan kampus, terutama tentang rancangan Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKP MBKM).

Agenda ini diselenggarakan pada, Selasa pagi, 22 Agustus 2023 sebagai rangkaian kegiatan hibah Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri yang berhasil dimenangkan Prodi HI UNISRI.

Sosialisasi yang bertempat di Ruang Seminar Gedung B lantai 3 UNISRI ini dihadiri para petinggi Universitas, mulai dari Ketua Yayasan, Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Ketua Lembaga dan Ketua Unit yang berkaitan atau  berkepentingan dalam implementasi MBKM di lingkungan Unisri.

Program hibah dari Dirjen Dikti tersebut, ditujukan untuk mendukung kampus-kampus di Indonesia agar dapat memiliki kurikulum MBKM yang memadai, guna meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan tinggi, sehingga memiliki relevansi jelas terhadap kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Kebutuhan Pendidikan

Kurikulum yang ideal, dinilai penting untuk dapat menangkap peluang dari perubahan sosial, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan dunia kerja yang semakin berkembang pesat di era revolusi industri 4.0 ini. Keberadaan Program MBKM inilah yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pendidikan di Indonesia.

 Seperti dalam menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian global. Program MBKM dinilai dapat menjadi kebijakan transformatif dalam rangka mewujudkan keberlanjutan dan kemandirian bangsa. Oleh karena itu, Prodi HI UNISRI pun berusaha untuk dapat merancang kurikulum yang memuat program MBKM dengan kemasan yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif.

Serta mampu memfasilitasi mahasiswanya mengikuti berbagai BKP MBKM. Melalui pemenangan hibah yang diperoleh Prodi HI ini, tim hibah telah berhasil menyelenggarakan serangkaian kegiatan mulai dari Tracer Study yang mengundang para alumni, user dan mitra, hingga diskusi serta lokakarya penyusunan kurikulum dan dokumen pendukung lainnya.

Diimplementasikan Mahasiswa

Seluruh rangkaian kegiatan ini, bermuara pada lahirnya draf kurikulum MBKM beserta BKP MBKM secara lengkap, sehingga dapat diimplementasikan oleh mahasiswa secara nyata. Sebagai bagian dari kegiatan hibah tersebut.

prodi HI juga berkewajiban untuk melakukan sosialisasi kepada prodi-prodi lain di lingkungan Unisri, selain juga melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa. Agenda Sosialisasi ini menjadi penanda, rangkaian penyusunan kurikulum MBKM yang dilakukan Prodi HI melalui hibah AKPT Dirjen Dikti sudah hampir berakhir dan tinggal melanjutkan implementasinya. (Her)