FATIPA UNISRI DAMPINGI KADER KESEHATAN, BIKIN MAKANAN PROTEIN TINGGI DENGAN ALAT MODERN

 

Ibu-ibu, kader kesehatan di rumah Joglo RW 2 kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan  Surakarta saat membuat makanan protein tinggi, didampingiFatipa Unisri.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Fakultas Teknologi Industri pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mendampingi ibu-ibu, kader kesehatan di rumah Joglo RW 2 kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan  Surakarta dalam pembuatan makanan protein tinggi, menggunakan alat yang lebih modern, belum lama ini.

Ketua tim, Dr.Merkuria Karyantina, SP.MP mengatakan, salah satu bentuk kegiatan ini antara lain pembuatan nugget dan bakso berbasis ikan patin dengan sasaran anak Balita (bawah lima tahun), yakni usia 12-24 bulan.”Gadon ikan patin dengan sasaran usia 9-12 bulan serta mash potato (ikan patin+wortel+ brokoli) dengan sasaran usia 6-9 bulan” ujarnya

Kegiatan ini merupakan rangkaian pengabdian yang dilakukan tim Fatipa Unisri dengan pendanaan dari Kementrian Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun 2023. Merkuria menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya untuk membantu penanganan stunting di Kelurahan Panularan. Semua makanan yang diolah berbasis ikan patin yang harganya terjangkau masyarakat.

Sehingga diharapkan, mampu meningkatkan gizi Balita penderita khususnya stunting, selain lebih mengenalkan pemanfaatan ikan, makanan yang disajikan lebih bervariasi dan tidak membosankan bagi Balita. Bantuan alat yang diberikan untuk menunjang kinerja kader antara lain kompor, mixer, chopper, dandang, timbangan dan beberapa alat masak lainnya.

Secara Periodik

Kristina Sriwahyuni,AMG, penanggung jawab UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) Puskesmas Penumping menjelaskan, kegiatan pemberian makanan ke balita sudah dilakukan kader secara periodik. “Kegiatan ini diikuti oleh 27 ibu-ibu di Kelurahan Panularan yang terdiri dari Pokja 4, kader kesehatan dari 8 RW serta ibu Balita” katanya

Sesuai dengan program pengabdian, Fatipa dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam membantu menyiapkan makanan protein tinggi sampai di tingkat RW, sehingga kegiatan ini cukup sesuai dengan tujuan program. “Makanan hasil dari kegiatan ini, akan dibagikan ke Balita yang ada di Kelurahan Panularan” jelasnya

Sementara tim pelaksanan Vivi Nuranini, SPi.,MSc. Menjelaskan, kegiatan ini dilakukan di 3 kelurahan lainnya di wilayah kerja Puskesmas Penumping dengan melibatkan mahasiswa Fatipa sebagai tenaga pelaksana. “Dengan alat masak sederhana milik kader kesehatan, kami hanya bisa membuat menu yang kurang variatif seperti sup, tahu, tempe dan ikan yang hanya di goreng” tandasnya. (Her)