FATIPA UNISRI ADAKAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DENGAN UNIVERSITAS SEMARANG

Unisri Surakarta menerima pertukaran mahasiswa merdeka dari Universitas Semarang.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Dekan Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Dr. Nanik Suhartatik, STP. MP dan Wakil Rektor bidang Akademik Ir. Saiful Bahri, MKom menerima pertukaran mahasiswa merdeka dari Universitas Semarang (USM), pada Rabu (1/11/2023).

Dr. Nanik mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan Kampus Merdeka, sebagai salah satu program yang diikuti Unisri. Dua mahasiswa dari USM, Muhammad Arif Maulana dan Hendrik Budi Lesmana akan mengambil mata kuliah, diantaranya metode penelitian, rancangan percobaan, evaluasi gizi, industri jasa boga dan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Dalam sambutannya, Saiful Bahri menyampaikan, Unisri telah melakukan kegiatan pertukaran pelajar melalui skema PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) sejak tahun 2021 diwilayah Bali, Pontianak, Bengkulu, Manado, Tarakan dan Borneo, bahkan pada tahun ini, Unisri menerima mahasiswa sebanyak 29 orang dari berbagai daerah.

Belajar Diluar Kampus

Kegiatan PMM, salah satu kegiatan kampus merdeka bertujuan untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa belajar di luar kampus. Selain itu mahasiswa PMM juga belajar tentang budaya dan keindahan kota Solo. Pengalaman belajar yang akan diberikan kepada 2 mahasiswa USM ini, di antaranya perkuliahan berbasis kinerja atau OBE (output based education) pada mata kuliah TTG.

Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan praktik pembuatan olahan pangan dan berinovasi di dalamnya, namun juga mengolah hasil kegiatannya menjadi sebuah bab dalam buku (book chapter). Kuliah ini sudah tidak lagi menggunakan evaluasi dan ujian akhir semester, namun membuat buku sebagai hasil akhir dari kegiatan.

Pembuatan sub-bab dalam buku yang membutuhkan ketrampilan menulis dan kerjasama tim yang handal. Pembuatan book chapter ini merupakan pengalaman belajar, hendaknya mulai dijajaki bersama guna meningkatkan prestasi di bidang kemahasiswaan. “Kami berharap kegiatan diperluas menjadi kolaborasi di bidang-bidang lain.

Seperti kerjasama dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat, serta bidang lain penyelenggaraan konsorsium seminar internasional. Salah satu strategi dalam meningkatkan kinerja perguruan tinggi berkolaborasi dengan lembaga lain. (Her)