SEMINAR NASIONAL GEN Z PENENTU ARAH BANGSA, DIGELAR DI KAMPUS UNISRI SURAKARTA

 

Prosesi serah terima cindramata, dalam seminar nasional tentang peran generasi Z di kampus Unisri Surakarta.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Generasi (Gen) Z dan milenial, dinilai sangat menentukan arah perkembangan bangsa ke depan. Pasalnya, kelompok pemilih ini pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 populasinya sangat besar. Hal ini terungkap dalam seminar nasional bertajuk ‘Generasi Z Bisa Memilih’ di kampus Universitas Slamet (Unisri) Surakarta.

Seminar yang dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Joko Pramono itu diikuti para mahasiswa. Menurut pengamat politik sekaligus Dekan FISIP Unisri, Suwardi, jika dihitung jumlah generasi  Z dan milenial saat ini 113.622.550 orang atau sekitar 56 persen dari total jumlah pemilih di Pemilu 2024.

Generasi Z Gen Z dan milenial di tahun politik ini dan seterusnya harus mempersiapkan diri  untuk lebih banyak berperan dalam tatanan civil socitey dan political socitey. Suwardi juga menyampaikan, peran pers (media) dalam kampanye Pemilu 2924. Menurut dia, media  sebagai sumber informasi.

“Media berperan memberi informasi politik masyarakat dan mengedukasi tentang isu publik” ujarnya sembari menambahkan, medsos memungkinkan masyarakat untuk berbagi dan mendiskusikan pendapat mereka, tentang politik dengan cepat dan mudah,"tandasnya. (Her)