RIBUAN UMAT MUSLIM MELAKUKAN SHOWANJI BERSAMA, DI ALUN-ALUN KLATEN

 

Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, saat memimpin Showanji, bersama ribuan umat Muslim di Klaten.

KLATEN (JURNALKREASINDO.COM) – Ribuan umat Muslim memadati Alun-alun Klaten dan area sekitarnya untuk mengikuti gelaran Sholawat dan Ngaji (Showanji) bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (28/5/2024) malam. Mereka yang hadir bukan saja  umat Muslim dari wilayah Klaten, tetapi juga dihadiri umat Muslim dari Solo Raya dan sekitarnya.

Kegiatan Showanji dimulai dengan pembacaan dzikir dan tahlil, serta dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simtudduror. Dalam kesempatan tersebut, melalui video rekaman Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Showanji di wilayah Kabupaten Klaten.

Ia juga menyampaikan permintaan maaf, lantaran tidak hadir secara pribadi, hal ini lantaran seyogianya Kapolda bersama jajaran dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut. “Kami mohon maaf karena tidak bisa mengikuti kegiatan ini, nanun saya berharap peregangan dan penerangan bagi kita semua yang hadir untuk diberikan keselamatan di dunia dan akhirat,” tuturnya

Bupati Klaten, Sri Mulyani (paling kiri) juga turut ber-showanji bersama masyarakat setempat.

Ungkapan itu disampaikan melalui video yang ditayangkan. Kapolres Klaten, AKBP Warsono, mengatakan Showanji merupakan kegiatan keagamaan yang diinisiasi oleh Polres Klaten berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Kegiatan yang digelar dari daerah ke daerah ini telah memasuki putaran ke-15.

“Kami melaksanakan Showanji ini bekerja sama dengan pemerintah daerah. Kegiatan Showanji di Alun-alun ini merupakan yang terbesar karena dihadiri umat Muslim dari berbagai daerah,” ungkapnya sembari menambahkan, setelah ini  digelar sholawat dan pembacaan Maulid Simtudduror.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustad Kelik Gunawan Pribadi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani dan jajaran Pemkab Klaten. Kegiatan Showanji ditutup dengan mahalul qiyam dan pembacaan doa oleh Habib Muhammad Zain Rifqi bin Ahmad Al Jailani. (Chy)