MENUNGGU HASIL VERFAK KPU, TUNTAS BACABUP INDEPENDEN SUKOHARJO OPTIMIS LOLOS

Bambang Muryanto, ketika memberikan keterangan pers di kantor KPU Sukoharjo.

SUKOHARJO (JURNALKREASINDO.COM) – Seusai KPU Kabupaten Sukoharjo melakukan beberapa tahapan sebagai syarat menjadi Bacabup (bakal calon bupati) melalui jalur independen kepada  Dr (HC) Tuntas Subagyo dan ribuan pendukungnya, kini Ia masih menunggu hasil Verfak (verifikasi Faktual) yang pada Rabu – Kamis (3-4/07/2024) dilakukan KPU Sukoharjo.

Dalam masa tunggu itu, Tuntas optimis bakal lolos dari semua tahapan yang dilakukan KPU Sukoharjo, sehingga Ia bisa mengikuti kontestasi di Pilkada pada November  2024 mendatang. “Saya optimis lolos sebagai bakal calon bupati Sukoharjo , karena mungkin tidak ada atau tidak ditemukan KTP Ganda dalam verfak kemarin” ungkap Tuntas Subagyo kepada wartawan

Optimisme itu diungkapkan pada Jumat (5/7/2024) di rumahnya, kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo Ungkapan rasa optimisme Tuntas itu menurutnya, karena semua peraturan dan persyaratan dari KPU telah dipenuhi  dan dilalui dari tahapan-tahapan yang sebelumnya, “Kami  menjaga dan mengikuti  dan menghormati semua aturan yang disyaratkan KPU Sukohrjo” ujarnya 

Dr (HC) Tuntas Subagyo, optimis akan lolos dan mengikuti kontestasi Pilkada Sukoharjo November 2024.

Tuntas juga mengatakan, tentang  pemberi dukungan yang sebelunya belum diverifikasi soal identitas diri dan dukungannya oleh petugas verifikator, dikumpulkan di lokasi tertentu. Petugas verifikator lantas memverifikasi terhadap orang yang bersangkutan. Termasuk apakah mendukung atau tidak mendukung bakal pasangan calon jalur perseorangan.

Hasil Verfak Diplenokan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo telah menyelesaikan proses verfak  data dukungan masyarakat Bacabup Tuntas Subagyo dan mengenai perbaikan maupun pencocokan data dukungan masyarakat untuk memenuhi syarat pencalonan jalur perseorangan atau independen mulai dilakukan 13-17 Juli 2024 .

Ungkapn itu diutarakan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sukoharjo, Bambang Muryanto, dimana proses verfak data dukungan masyarakat sudah rampung 100 persen pada Kamis (4/7/2024). Hasil proses verfak dukungan masyarakat akan diplenokan di tingkat kecamatan maksimal pada 8 Juli. “Kemudian dilanjutkan dengan pleno di tingkat kabupaten. Jadi berjenjang mulai dari kecamatan hingga kabupaten,” kata Bambang

KPU Sukoharjo, ketika sedang melakukan Verfak di  Taman Ratu Maulidya, Purbayan, Baki, Sukoharjo.

Pada proses verfak bakal calon dari jalur independen Pilkada Sukoharjo 2024, petugas verifikator diminta untuk bertemu langsung dengan orang yang memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon jalur perseorangan di wilayahnya masing-masing. Petugas verifikator mendatangi satu persatu rumah pendukung bakal pasangan calon jalur perseorangan.

Proses Verfak

Namun jika petugas verifikator tidak bisa menemui pendukung bakal pasangan calon jalur perseorangan, maka ada tahapan selanjutnya, yakni tim penghubung atau liason officer (LO) untuk mengumpulkan orang yang memberikan dukungan, namun belum diverifikasi di kantor panitia pemungutan suara (PPS) atau lokasi lain yang disepakati.  

Memang,  tidak ada kendala dalam proses verfak dukungan masyarakat. Saat ditemui petugas verifikator mungkin sedang bekerja atau merantau di daerah lain. Bisa lewat video call, namun harus memakai HP tim penghubung saat menelepon pendukung yang bekerja atau merantau di luar daerah.

“Penyelenggara pemilu memberikan kesempatan kepada bakal pasangan calon bupati jalur Independen” kata Bambang sembari menambahkan, untuk memperbaiki data dukungan masyarakat pada 13-17 Juli. Mereka harus memenuhi syarat minimal dukungan masyarakat, yakni 50.894 pendukung yang tersebar di minimal tujuh kecamatan. (Ryan)