EVA YULIANA : MANGKUNEGORO IX TOKOH PELESTARI BUDAYA JAWA DAN TARIAN PURA MANGKUNEGARAN

 

Eva Yuliana (paling kanan), ketika menyampaikan rasa duka cita yang dalam kepada GKP Mangkunegoro IX  

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Eva Yuliana, anggota DPR-RI komisi III,  mengakui tidak mengenal  secara dekat dengan Mangkunegoro IX, tetapi mengagumi atas segala kiprahnya dalam menjaga tradisi dan budaya Jawa. “Mangkunegoro IX ini tokoh pelestari Budaya Jawa dan mempertahankan tarian asli Pura Mangkunegaran” ujarnya

Banyak yang sudah dilakukan Mangkunegara IX untuk menjaga budaya Jawa, menciptakan tarian, menjadikan Pura Mangkunegara sebagai pusat Budaya Jawa. “Harapan kami untuk penerusnya, siapapun itu agar melanjutkan perjuangan beliau, menjaga budaya dan tradisi yang  telah diteladani Kanjeng Mangku ," ungkap politisi Nasdem itu.


Eva yang tiba di Pura Mangkunegaran sekira pukul 12.00 wib itu, langsung bertemu dengan GKP (Gusti Kanjeng Putri) Mangkunegoro IX dan keluarga. Memang, kata Eva, kedekatan emosionalnya sebagai Wong Solo menjadi semakin akrab.

Ketika bertemu pada momen  tradisi ziarah di makam Mangkunegara yang lebih dulu surud, di Astana Mengadeg dan Astana Girilayu. “Setelah berbincang-bincang dengan almarhum waktu itu, ternyata ada kesamaan dalam melestarikan tradisi ziarah makam leluhur” ujarnya

Bahkan pada Jumat (13/8) malam Eva juga menyempatkan diri bertandang di Astana Girilayu, untuk mengecek  kesiapan pemakaman Mangunegoro IX  yang rencananya akan dilaksanakan pada Minggu ( 15/6), semuanya sudah siap. Hal ini, membuat Eva sebagai wakil rakyat yang bertanggungjawab merasa tenang. “Semoga besuk lancar dan berjalan sesuai rencana " Imbuhnya.

Sejumlah tokoh masyarakat yang hadir di Pura Mangkunegaran untuk menyampaikan duka cita, semakin ramai. Apalagi sejak semalam, setelah Jenasah KGPAA Mangkunegara IX tiba di Pura Mangkunegaran Solo, sejumlah tokoh masyarakat berdatangan menyampaikan duka cita. Sebelumnya, tokoh lain yang tampak hadir menyampaikan duka cita, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, datang bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.


Selain itu juga nampak sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani dan jajaran Forkompinda Solo. "Tadi sudah melayat  Mangkunegaran dan bertemu Gusti Putri. Semoga acara pemakaman besok lancar dengan protokol kesehatan ketat. Dan semoga almarhum khusnul khotimah," harap Eva lagi.

Diberitakan, Mangkunagoro IX wafat  pada Jumat, 13 Agustus 2021, sekitar pukul 02.50 WIB, di kediaman pribadinya di Jakarta. Rencananya, jenazah Mangkunagoro IX akan dimakamkan Minggu, 15 Agustus 2021, di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Pemakaman Adipati Mangkunegaran tersebut akan dilakukan dengan Adat Kerajaan. (Ryan)