TRI DARMA PERGURUAN TINGGI UMS GANDENG SLB YRTRW WUJUDKAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT

 

Suasana program kemitraan yang diselenggarakan menggunakan platform zoom.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP) mengandeng Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitas Tuna Rungu dan Wicara (SLB YRTRW) Solo dalam program kemitraan masyarakat.




Hal ini sebagai bentuk penerapan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program Kemitraan yang diselenggarakan menggunakan platform zoom ini,  mengundang tiga pembicara, yaitu Sutadi, S.Pd selaku Kepala SLB YRTRW, Budi Santoso, S.Sos., M.Si selaku dosen Ilmu Komunikasi UMS dan Dedi Gunawan, S.T., M.Sc., Ph.d selaku dosen Informatika UMS.

Dalam agenda yang diikuti seluruh guru dan karyawan SLB YRTRW, Sabtu (14/8) mengambil tiga topik pembahasan meliputi Literasi Media, Pelatihan Pembuatan Website dan Pembuatan Game Edukasi.


Media Pembelajaran.

Sutadi dalam pemaparannya menyampaikan, adanya kegiatan ini dapat membangkitkan kembali media pembelajaran yang ada di sekolah, setelah beberapa saat lalu sempat mengalami kevakuman.

Sementara itu dalam materi literasi media Budi Santoso memaparkan, pentingnya media bagi sekolah terutama berkaitan dengan eksistensi sekolah di masyarakat luar "Media sangat penting dan bisa menjadi nilai tambah bagi sekolah” ujarnya



Diantaranya melakukan branding ke masyarakat luas, salah satunya kemampuan membuat rilis berita, yang dikirimkan ke media. Senada dengan itu, Dedi Gunawan menyampaikan pemanfaatan media itu, nanti dapat menjadi tempat untuk menunjukkan potensi siswa ke khalayak umum.

Dengan demikian nantinya seluruh informasi yang ada di SLB YRTRW bisa di ekspos ke khalayak umum melalui media, khususnya untuk menunjukkan potensi yang dimiliki setiap siswa, sehingga dapat diketahui masyarakat secara langsung. (Her)