KANWIL DJP JATENG II GELAR PAJAK BERTUTUR

Petugas DJP Jateng, ketika menyampaikan arahannya tentang pentingnya pajak.

SOLO (JURNALKREASINDO) – Secara serentak Kanwil DJP Jateng (Jawa Tengah) dan seluruh unit instansi vertikal di lingkungan Kantor Wilayah menggelar Pajak Bertutur 2021 secaradaring.

 Dalam kegiatan ini Kanwil bersama Perguruan Tinggi yang diikuti 12 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) juga 6 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). serta menggandeng institusi pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan dan pemahaman akan pentingnya pajak. Dimana pajak sebagai sumber penerimaan negara dalam APBN. Pajak Bertutur kali ini mengusung tema ‘Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara’.

Sedangkan jumlah peserta tercatat mencapai 1.276 peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat serta mahasiswa dari 10 dan Perguruan Tinggi. Laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo melalui teleconference.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim hanya menyapa peserta secara vitual. Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II,  Slamet Sutantyo mengatakan, pentingnya peranan pajak.

"Pajak ini sangatlah penting manfaatnya terutama di masa pandemi ini, pajak menjadi salah satu tumpuan dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)." ungkap Slamet dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada para pihak yang telah berperan dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak di wilayah kerjanya.

Penghargaan itu diberikan kepada Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) Jateng di Wonosobo dan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Kegiatan ini bagi calon wajib pajak diharapkan memahami pentingnya pajak bagi kelangsungan berbangsa dan benegara.  (Ryan)