PANGGUNG BUDAYA MUSIK KERONCONG SAMBUT SKF 2021

 

Penampilan Orkes Keroncong Swastika dalam panggung budaya musik keroncong.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Dalam rangka menyambut SKF (Solo Keroncong Festival) tahun 2021, Pemeritah Kota (Pemkot) Surakarta melalui Dinas Kebudayaan menggelar Panggung Budaya Musik Keroncong 2021.

Panggung budaya itu di gelar, pada Senin sampai Jumat, 11 hingga 15 Oktober 2021. Acara ini merupakan pre-event SKF yang bisa dinikmati secara daring pada kanal YouTube Dinas Kebudayaan, Pariwisata Solo, Gibran TV dan Batik Solo TV pada pukul 19.00 s.d 20.30 WIB.

Pagelaran ini berlangsung secara berkala setiap tahun sekali, karena keroncong merupakan salah satu musik warisan budaya bangsa. Dengan demikian, Pemkot Surakarta melalui Dinas Kebudayaan berkomitmen menghidupkan keroncong di Indonesia.

5 Orkes Keroncong

“Panggung Budaya Musik Keroncong 2021 menampilkan 5 orkes keroncong Kota Solo, yaitu  Swastika, Keroncongisasi, Plasu Minimal, Barona, dan Pandawa” kata Drs. Agus Santoso, M.M, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta

Tampilan 5 orkes keroncong ini, sebagai upaya terus menghidupkan musik keroncong, sehingga keroncong bisa diterima semua usia dan semua kalangan. Dalam panggung itu, setiap orkes keroncong menyuguhkan tema yang berbeda.

Orkes Keroncong Swastika yang tampil pada Senin (11/10/ 2021) bertema Untaian Karya Budiman BJ dan WS Nardi. Orkes Keroncong Keroncongisasi menampilkan sajian bertema Tribute to Gesang dan Living Legend Waljinah, pada Selasa ( 12/10/2021).

Sedang hari Rabu (13/10/2021) Orkes Keroncong Plasu Minimal membawakan lagu-lagu keroncong bertema Balutan Corona dan Orkes Keroncong Barona (Wakil dari Hamkri Muda Cabang Surakarta) menyuguhkan keroncong bertema Senandung Karya Ismanto.

Penampilan terakhir, pada Kamis (14/10/2021) acara ini ditutup Orkes Keroncong Pandawa yang menyajikan tema Keroncong Tembang Kenangan. Panggung Budaya Musik Keroncong 2021 ini  dipandu MC terkenal di Kota Solo.

Para MC yang cukup kondang itu diantaranya, Mamank Tse and Terra Sudira, Adi dan Kocrit, Ekolas dan Benjovi, Doel dan Max serta Whawhin dan Rekan yang pasti akan menambah semarak dan greget yang membikin betah para pemirsanya. (Tgr)