PERTAMA DI KOTA SOLO, YRP LUNCURKAN WEBSITE RESMI DAN GELAR FESTIVAL EDUKASI HYBRID

 

Astrid Widayani, S.E., S.S., M.B.A, dosen yang Inisiator YRP.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Sering kali pendidikan formal yang diberikan di sekolah atau kampus, tidak cukup memenuhi kebutuhan anak muda, tentang ketrampilan soft-skill yang penting di dunia kerja.

 Astrid Widayani, S.E., S.S., M.B.A, seorang dosen dan ketua Yayasan Universitas Surakarta (UNSA) serta  Akparta Training Center (ATC), sekaligus Inisiator YRP ini megatakan, menyadari betul bahwa anak muda harus mengikuti industri yang terus berkembang dari berbagai sisi .

Sehubungan degan itu,  Astrid mendukung pengembangan anak muda, melalui  pelatihan soft-skill dalam berbagai kegiatan kepemudaan dengan wadah ‘Youth Reinforcement Program’ (YRP) yang diinisiasinya.

Mengasah Soft Skill

Sejak tahun 2019, YRP berkomitmen membantu generasi muda untuk terus mengasah soft skill mereka, melalui kelas-kelas khusus dan berbagai media platform yang dimiliki.

Dengan demikian, YRP berkomitmen untuk meningkatkan soft skill di berbagai bidang, diantaranya communication, social responsibility, personal awareness dan responsibillity, positive personal & cultural identity, critical & creative thinking.

Selain itu, YRP juga menghadirkan website yang menjadi pusat media pengembangan softskills. Website dengan domain www.yrp.co.id memuat informasi seputar kegiatan dan kelas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Kelas yang dapat diakses melalui website, yakni kelas Muda Eksis, berisi single thematic coaching dari salah satu kurikulum YRP, kelas Muda Kreatif, berisi bundling terdiri dari tiga kelas termasuk pendampingan langsung dari mentor.

Serta  kelas Muda Berkarya, paket lengkap seluruh kurikulum YRP hingga project management training. Selain kelas, terdapat pula berbagai webinar yang dapat secara gratis di akses melalui website.

Kemudian website ini juga berisi informasi mengenai Expret YRP yang akan menjadi mentor dan mengisi kelas-kelas sesuai dengan keahlian dibidangnya masing-masing.

Diharapkan dengan hadirnya website ini, kelas-kelas YRP dapat menjangkau lebih banyak anak muda dari berbagai penjuru kota di Indonesia.

Festival

Sejalan dengan tujuan YRP dalam menciptakan generasi muda yang mandiri dan percaya diri dengan kemampuan soft-skill yang mumpuni di industri. YRP juga akan menggelar festival anak muda dengan konsep hybrid bertajuk Solo Youth Edutech Festival (SYEF) 2021.

Festival ini bakal digelar dalam rangka memperingati semangat Hari Sumpah Pemuda serta memeriahkan agenda tahunan Solo Great Sale 2021. Festival ini digelar selama tiga hari, Selasa – Kamis,  tanggal 26-28 Oktober 2021.

Para penggiat  YRP yang diinisiatori  Astrid Widayani (tengah) berkomitmen membantu generasi muda untuk terus mengasah soft skill.

Konsep festival ini menggabungkan antara kegiatan online dan offline. Kegiatan offline akan digelar bertempat di Wisma Pertemuan Ndalem Purwohamijayan. Sementara itu kegiatan online akan disiarkan melalui platform digital berupa website.

Kegiatan ini menyasar anak muda usia 15-25 tahun secara nasional dari berbagai daerah di Indonesia,  berfokus pada tema yang terbagi dalam empat zona.

Zona pertama yaitu zona intrapersonal yang akan mengajak anak muda untuk bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

Zona kedua adalah zona interpersonal yang akan membahas bagaimana anak muda bisa memaksimal komunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

 Zona ketiga adalah zona digital yang membahas mengenai pentingnya literasi digital dan pemanfaatan teknologi yang ada. Zona terakhir adalah zona global yang membahas bagaimana anak muda mengasah diri untuk menjadi bagian dari masyarakat global.

Pembicara Nasional

Festival ini menghadirkan pembicara nasional Rory Asyari (Jurnalis and News Anchor), Jessy Silana (Putri Pariwisata Indonesia 2020) dan Shakira Jasmine (Penyanyi dan Aktris Nasional).

Selain tiga pembicara nasional tersebut, juga menghadirkan berbagai pembicara yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing, diantaranya adalah:

Talkshow:

Experianced Startup - Rio Baskoro/Rio Porto (Founder Round Division)

Komunitas - Dr. Arya Surendra M.M (Pemerhati Komunitas Bola/Rektor UNSA)

Public Speaking - Elizabeth Sudira (Public Speaker)

Personal Branding - Karlina Denistia (Dosen Sekolah Vokasi UNS/Penulis buku)

Investasi - Irwan Tri Nugroho Ph.D (Dosen FEB UNS)

Leadership - Ryo Juara (Founder Lion Parcel Juara)

Career Preparation - M. Andree TR. ST,MBA (HRD Batik GKBI)

 

Workshop:

Beasiswa - Lingga Wisnu P (World Indonesia Scolarship)

Startup - Catur Sugiarto PhD (UNS Inovation Hub/Dosen FEB UNS)

Cara Menghadapi Interview - Marry Ekawati (People Partner Lead Dana Indonesia)

Digital Marketing - Bella Zandithya (Social Media Marketing)

Copywriting - Deshtian Yoga Permana/Yoga Gaple (Founder SORE)

Go Global - Rahardien Aswindar (Exportir Muda Solo)

Kegiatan Talkshow akan ditampilkan pada panggung utama yang juga akan disiarkan secara online, sementara untuk kegiatan workshop akan berupa kelas khusus dengan audiens terbatas. Selain talkshow dan workshop.

Festival  ini juga menyelenggarakan lomba untuk anak muda, seperti kompetisi video TikTok dan Reels Instagram dengan tema permasalahan anak muda dan solusinya, serta lomba copywriting dengan tema skill yang dibutuhkan anak muda untuk memperisiapkan generasi emas tahun 2045.

Kegiatan ini juga telah didukung Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta melalui audiensi yang dilakukan pada Selasa (28/9) lalu.

Selain itu juga akan melibatkan berbagai organisasi kepemudaan dan berbagai komunitas hobi, pendidikan dan kesenian di Kota Solo.

Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang dapat menjadi event tahunan di Kota Solo. Info lebih lanjut bisa mengunjungi Instagram @youthfest.solo dan Website www.syef.org. (Njar)