SEPAKAT ! ACT DAN PT HALALAN THAYYIBAN INDONESIA WAKAF MODAL UNTUK 1.000 UMKM SOLO RAYA

 

Puspo Wardoyo (kiri), ketika membagikan paket Wakaf Modal produktif kepada pelaku UMKM untuk para pimpinan Ponpes dan Pengusaha Solo. 

SOLO (JURNALKREASINDO) - Menyusul ditanda tanganinya kerja sama (Mo U)  dalam penyediaan pangan, peternakan dan pemasaran hasil peternakan serta pengelolaaan dana filantropi dalam program kemanusiaan, Yayasan Global Wakaf dan PT Agro Wakaf Corpora dengan PT Halalan Thayyiban Indonesia (HTI) antara Founder PT Halalan Thayyiban Indonesia (HTI) H Puspo Wardoyo dengan

Drs Ahyudin, Presiden Global Moslem Society Foundation tercapai berbagai kesepakatan. Salah satu yang cukup menarik, bakal diwujudkan setidaknya 1.000 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Solo Raya, diupayakan naik kelas menjadi pengusaha sukses seperti rol model H Puspo Wardoyo, pengusaha yang merintis dari bawah hingga sukses.

Selain memberikan modal produktif, kolaborasi tersebut bakal segera dilakukan langkah pemberian modal, pelatihan dan pendampingan. Drs Ahyudin juga dikenal sebagai pemimpin Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) didampingi Founder PT Halalan Thayyiban Indonesia (HTI) H Puspo Wardoyo mengatakan, pihaknya bakal melatih para pegiat UMKM agar sukses berwiraswasta.

 Puspo Wardoyo (kiri) sebagai Owner Ayam Bakar Wong solo dan Ahyudin, Komisaris ACT saat menunjukan MoU yang baru saja mereka tanda tangani.

" Sekitar 1.000  orang pegiat UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah akan diberi modal. Bukan dalam bentuk uang namun berupa komoditi," ujar Founder PT Halalan Thayyiban Indonesia (HTI) H Puspo Wardoyo dan Drs Ahyudin Presiden Global Moslem Society Foundation usai penanda tanganan MoU di Rumah Makan MakanKu, Pabelan, Surakarta , Rabu (21/10/2021) malam.

Bahan Makanan

Para pegiat UMKM itu diberi kail bukan ikan. Setiap satu UMKM diberi bantuan senilai Rp 1 juta berupa bahan makanan yang bisa dijual oleh UMKM. Dana berasal dari ACT. "Nantinya para pelaku UMKM mendapat pendampingan dari PT HTI atau MakanKu. Saya akan terjun langsung sebagai motivator. Saya adalah contoh riiil UMKM dulu memulai usaha dari bawah, hanya bermodal kecil. "kata Puspo Wardoyo.

Menurut Puspo , pihaknya saat memulai usaha hanya bermodal semangat dan sedekah. " Sekarang kami akan  memberi pendampingan atau memberi tip atau trik bagaimana cara berwiraswasta yang benar. Juga bersedekah. Bersedekah semampunya itu ternyata energi luar biasa yang membuat usaha   berjalan lancar, bahkan berlipat lipat keuntungannya secara luar biasa disebabkan sedekah yang ikhlas," papar Puspo Wardoyo.


Ahyudin (kiri) dan Puspo Wardoyo (kanan), ketika memberi keterangan kepada wartawan.

Sementara Presiden Global Moslem Society Foundation Ahyudin yang juga dikenal pimpinan Yayasan Aksi Cepat Tanggap yang beroperasi lintas negara bahkan lintas benua mengatakan, wakaf tunai dari ACT. Bukan diberikan langsung sebagai modal namun sebagai pancingan.

Mengumpulkan Wakaf

Pandemi Covid 19 diakui Ahyudin telah meluluh lantakan jaringan ekonomi baik di Indonesia maupun di luar negeri. "Namun anehnya sejumlah UMKM di Indonesia bisa bertahan. Meski problemnya tidak ada modal. ACT berinisiatip mengumpulkan wakaf tunai dari warga bangsa Indonesia dan menjadikan modal bagi UMKM."paparnya.

Kaitan dengan Wong Solo Grup. WSG justru di saat pandemi berhasil melakukan inovasi dengan menciptakan produk makanan cepat saji MakanKu. Dengan variant berbagai macam makanan. Produk MakanKu akan dijadikan salah satu komoditas jualan para UMKM. "Kita pilih 1.000 UMKM agar bisa menjual produk dari MakanKu” jelasnya

Modalnya dari wakaf tunai yang digalang oleh Global Wakaf dari ACT . Modal tidak dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk produk. Setiap UMKM mendapat hibah bantuan produk senilai Rp 1 juta. Modal tidak perlu dikembalikan. Namun diharapkan UMKM bisa lancar melakukan usahanya, bahkan bertumbuh menjadi pengusaha sukses. Dan modalnya bisa bergulir dinikmati UMKM lainnya," tuturnya.

Ahyudin dan Puspo Wardoyo bakal bahu membahu melakukan berbagai cara  agar pegiat ekonomi UMKM bisa naik kelas menjadi pengusaha tangguh. Awalnya akan didampingi oleh pihak PT HTI atau MakanKu. Bagaimana melakukan marketing produk secara efektif serta berbisnis menggunakan cara-cara digital seperti membuka toko online, menggunakan market place maupun cara berbisnis canggih di era digital ini. (Her)