GENAP BERUSIA 60 TAHUN, REKTOR UNS SURAKARTA LAUNCHING 4 BUKU

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Setiap orang punya mimpi dan boleh bermimpi setinggi-tingginya, yang berbeda adalah keberanian untuk mewujudkannya. Hanya orang-orang luar biasa yang yakin akan kekuatannya sajalah yang mampu mengalahkan ketakutan dan keraguan untuk tetap berjalan meraih impiannya.

Inilah kira-kira yang menginspirasi Prof. Jamal Wiwoho, untuk tidak berhenti berkarya. Terbukti di ulang tahunya yang ke 60, tepatnya pada tanggal 8 Nopember 2021, Rektor dan sekaligus Guru Besar Hukum Bisnis UNS tersebut berhasil mewujudkan obsesi dan mimpinya dengan meluncurkan 4 (empat) buku sekaligus..

“Media Massa Dalam Genggaman”, yang berisi kumpulan 60 tulisan opini beliau dengan berbagai topik, yang elah dimuat diberbagai media massa. Karya-karyanya itu adalah :

1. ‘Media Massa Dalam Genggaman’,  berisi kumpulan 60 tulisan opini beliau dengan berbagai topik yang telah dimuat diberbagai media massa;

2. ‘Bunga Rampai Rektor PTN Indonesia’, berisi  kumpulan gagasan 27 Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia tentang strategi mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Unggul dan Utuh dalam menghadapi era Disrupsi;

3.’Pembaruan Hukum Indonesia di Era Disrupsi’, berupa  kumpulan gagasan 24 Guru Besar Hukum di Indonesia dalam mengantisipasi perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya di era Disrupsi.

4.’Cahaya Dari Lereng Gunung Merapi’, merupakan otobiografi Prof. Jamal Wiwoho, yang berkisah tentang perjalanan hidup beliau sejak lahir hingga mencapai usia 60 tahun.

 

Persembahan dan kehadiran buku-buku tersebut jelas sebagai bukti,  sosok Jamal Wiwoho yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2020-2021 ingin mengajak insan-insan cendekia Kampus merespon dengan cepat setiap permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia, dengan ide, gagasan dan kajian akademiknya.

Mudah Dimengerti

Keistimewaan buku-buku yang diterbitkan tersebut, ditulis dengan bahasa yang simple dan mudah dimengerti, disusun secara sistematis dan terstruktur, serta digambarkan secara detail dan obyektif, agar para pembaca mudah mempelajari dan mendalami substansinya.

Sehingga sangat baik dan cocok sebagai alternatif referensi/rujukan bagi pengambilan keputusan. Terbitnya 4 buku tersebut ternyata disambut positif  beberapa pejabat negara dan kalangan redaktur media yang telah memberikan kata pengantarnya.

1.Kata pengantar buku ‘Media Massa Dalam Genggaman’, diberikan oleh: Prof.Dr. Patikno, M.Soc.Sc., Menteri Sekretaris Negara RI; Jhonny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informasi,  Irfan Junaidi, Pimpinan Redaksi Republika; Djaka Susilo, Pemimpin Redaksi Koran Sindo-Sindonews.com; Arif Budisusilo, Presiden Direktur Solo Pos Media Group; M.E. Aditya Laksmana Yudha, Pemimpin Redaksi Beritasatu.com; dan Abdul Kohar, Direktur Utama Lampung Pos.

2. Kata Pengantar Buku ‘Bunga Rampai Rektor PTN Indonesia’, diberikan oleh: Ir. Joko Widodo, Presiden R.I.; Prof.Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden R.I.; Prof.Dr. Muhadjir Effendi, M.A.P., Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI; dan Dr. H Zainudin Amali,S.E.,M.Si., Menteri Pemuda dan Olah Raga R.I.;

3. Kata Pengantar Buku ‘Pembaruan Hukum Indonesia di Era Disrupsi’. Diberikan oleh: Dr (H.C.) Puan Maharani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat R.I.; Prof.Dr. Mahfud MD, S.H.,S.U., Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan R.I.; dan Yang Mulia Dr. H Anwar Usman,S.H.,M.H., Ketua Mahkamah Konstitusi R.I.;

4. Kata Pengantar Buku ‘Cahaya Dari Lereng Gunung Merapi’, diberikan oleh: Ir. H Joko Widodo, Presiden R.I.; Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden R.I.; Jenderal TNI Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A., Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, R.I., Jenderal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Panglima TNI; dan Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta.

Dikirim Untuk Presiden

Acara Peluncuran 4 Buku tersebut telah sukses digelar pada Senin, 8 Nopember 2021 pukul 11.00 WIB bertempat di kediaman pribadi Prof. Jamal Wiwoho, Jl. Manunggal I No. 43, Banjarsari, Surakarta, yang dihadiri  segenap Pimpinan 3 Organ (Majelis Wali Amanat; Senat Akademik dan Dewan Profesor).

Termasuk para Wakil Rektor; Dekan, Ketua Lembaga, Direktur dan Kepala Biro dilingkungan UNS, serta beberapa penulis buku. Acara diakhiri dengan penyerahan buku tersebut kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

Menurut Jamal Wiwoho, buku-buku tersebut secara terbatas dalam waktu dekat akan dikirimkan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI; Pimpinan Lembaga Tinggi dan Tertinggi Negara, sebagian untuk Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Beberapa Duta Besar dan Atdikbud, Para Rektor PTN; sebagian Kepala Daerah, para Penulis buku dan sebagainya.

Prof. Jamal juga meninformasikan, bagi masyarakat yang berminat mendapatkan buku-buku tersebut melalui Prof. Jamal dan seluruh hasil penjualan buku, akan diserahkan untuk kegiatan amal kemanusiaan. (Eps)