HEBAT ! DOSEN FKIP UNS MASUK TOP 2% ILMUWAN PALING BERPENGARUH DI DUNIA

 

Dr. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng. masuk TOP 2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Kabar menggembirakan datang dari kalangan sivitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Pasalnya, salah satu dosen UNS masuk daftar 2% ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia. Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini dipublikasikan Stanford University dan Elsevier BV.

Pemeringkatan ini secara tahunan diperbarui oleh Elsevier BV dan Stanford University, yang terbaru, data ini diperbarui pada 20 Oktober 2021. Dalam pembaruan kali ini, terdapat 58 ilmuwan asal Indonesia yang masuk daftar  2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

Salah satunya Dr. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng. Ia merupakan dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.“Semoga dapat bermanfaat,” terang Dr. Agung, Kamis (4/11/2021) kepada wartawan.

Dr. Agung pernah menempuh jenjang pendidikan Doktoral (S3) di Department of Earth Resources Engineering, Kyushu University di Jepang.

Dengan topik riset Geothermal energy, Thermodynamic dan optimalisasi pada tahun 2011-2014. Kemudian berlanjut bekerja sebagai Postdoctoral Research Associate pada tahun 2016-2017, di International Institute for Carbon-Neutral Energy Research (I2CNER - https://i2cner.kyushu-u.ac.jp/en/) di Kyushu University. 

Penghargaan

Beberapa penghargaan yang pernah diterima Pertama, Honored Intellectual Property Award dari Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia.

Kedua,  Juara pada ajang TIC business competition di Taiwan, Ketiga, Awarded visiting scholar by Korean Institute Energy Research (KIER), Japanese Monbusho U to U Scholarship for Doctoral Engineering pada tahun 2011.

 Awarded young researcher program oleh pemerintah Finlandia pada tahun 2010, dan Dosen terbaik pada bidang Science and Technology di UNS berturut turut tahun 2019 dan 2020.  

Dr. Agung tergabung sebagai dosen UNS sejak tahun 2012 hingga sekarang. Saat ini aktif menulis di Jurnal Ilmiah dan sebagai reviewer di puluhan Jurnal terindeks scopus.

Menulis dan Editor

Disamping itu, menjadi editor di 3 jurnal internasional, yaitu pada (1) Associate Editor Journal of Process Mechanical Engineering, Q-2 Scopus, (2) Associate editor di Frontiers of Thermal Engineering, dan (2) Guest Editor di International Journal of Energy Engineering, Q4, Scopus.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FKIP Dr. Mardiyana, M.Si menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang di toreh dosen FKIP UNS ini. Tentunya, FKIP UNS sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh Bapak Dr. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng. sebagai ilmuwan dari Indonesia yang masuk daftar 2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

Kontribusi Prestasi

Prestasi ini memberikan kontribusi yang sangat tinggi pada peraihan IKU FKIP UNS di bidang penelitian dan publikasi dosen.

“Mudah-mudahan dapat memotivasi bapak ibu dosen dan para mahasiswa di FKIP UNS untuk berprestasi di bidang penelitian dan publikasi," terang Dekan FKIP UNS.

Di tambahkan pula, bahwa FKIP UNS masih punya prestasi yang sangat membanggkan, yakni Masuk 501 diperangkingan WUR, dalam ajang PIMNAS meraih 2 medali emas, 1 perunggu dan kini Bapak Dr  Agung berhasil masuk sebagai top 2% ilmuwan berpengaruh di dunia. (Eps)