ILMU SEJARAH FIB UNS BEDAH BUKU BIOGRAFI MARSEKAL HADI TJAHJANTO

 

 Para narasumber pembedah buku Merangkul Perubahan, ketika memaparkan pendapatkan dalam diskusi.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Buku berisi tentang biografi Marsekal Hadi Tjahjanto, sewaktu bertugas menjadi Panglima TNI Rebuplik Indonesia (RI) di bedah oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Buku Marsekal Hadi Tjahjanto yang berjudul  Merangkul Arus Perubahan itu, karya Eddy Suprapto dibedah secara hybrid pada Rabu (8/12/2021) di kampus UNS Surakarta. Buku Merangkul Perubahan menghadirkan 3 narasumber.

Selain Eddy Suprapto (penulis), Kolonel Wahyu Tjahjadi ( adik kandung dari Marsekal Hadi Tjahjanto) dan Prof. Warto, M. Hum (Dekan FIB), sedangkan Dr. M. Bagus Sekar Alam, Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB sebagai moderator.

Eddy Suprapto menjabarkan isi serta maksud pada buku yang memiliki 274 halaman ini. "Suatu waktu beliau (Marsekal Hadi) menelpon saya untuk kembali meramu biografinya dalam sebuah buku, tanpa waktu lama saya segera menyetujuinya” katanya

sejarah kemajuan Bangsa

Menurut nya dan mungkin ini dapat menjadi pemahaman dalam buku ini untuk menyusun sejarah kemajuan bangsa. Kolonel Wahyu Tjahjadi, juga bercerita tentang pribadi kakak kandungnya yang tegas dan gigih belajar.

Eddy Suprapto, penulis sekaligus teman sejak kecil Hadi Tjahjanto.

Selain hal tersebut juga disinggung tentang  tugas TNI ada dua, yaitu Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). "OMSP kami saat ini yang paling kentara adalah mengatasi pandemi Covid-19," jelasnya.

Buku ini akan lebih elegan, jika dibahas dari berbagai sudut pandang, Merangkul Arus Perubahan juga dibahas sesuai perspektif akademik oleh Prof. Warto. Menurut nya, buku ini dapat merajut sifat tegas dan berintegritas.

"Buku ini dikerjakan dengan serius oleh tim yang dekat dengan Hadi. Menurut bukti empirik  Hadi hadir sebagai pemimpin yang sedikit bicara dan banyak kerja,” ujar Prof. Warto sembari menambahkan, buku ini bukan hanya berisi tentang biografi.

Namun didalamnya terdapat bukti-bukti sejarah keberhasilan perjuangan dan data detail bagaimana Marsekal Hadi Tjahjanto meraihnya. Buku ini menyiratkan, arus perubahan layaknya dirangkul dengan tegas dan memiliki integritas demi memajukan peradaban. (Eps)