RAY JUWAHYUNI KUSUMANINGRUM : HADIRI HAUL SULTAN HADIWIJAYA KE 440

 

RAy Yuwahyuni Kusumaningrum (tengah), bersama kedua putra putrinya di Pendapa Agung Kasultanan Keraton Pajang.

SURAKARTA (JURNALKREASINDO.COM) – Dalam acara Haul Sultan Hadiwijaya Ke 440 yang digelar pada Kamis (20/01/2022), di Keraton Pajang, di hadiri tamu isitimewa dari Kudus, Jawa Tengah, RAy Juwahyuni Kusumaningrum.

Kehadiran Yuwah ini, selain memberikan penghormatan dan mendoakan arwah leluhurnya, juga ikut andil dalam melestarikan budaya yang pernah menuai keemasan pada masa perjuangan Joko Tingkir. Utuk itu, maka Juwah juga mengajak dua putra putrinya, Laili Fitriani dan Almas.

Hal ini dilakukan, untuk memberi contoh kepada masyarakat, utamanya generasi muda agar jangan sampai melupakan sejarah nenek moyangnya yang adiluhung. “Saya memang sengaja mengajak anak-anak, mewakili generasi muda, dalam rangka nguri-uri kebudayaan nusantara” katanya

Berziarah ke makam Ratu Pajang I, untuk membacakan tahlil dan berdoa.

Juwah yang aktif dalam berbagai organisasi pengusaha ini, selain menghadiri peringatan haul Sultan Hadiwijaya, juga melakukan ziarah ke makam Ratu Pajang I. Dimana pemangku adat Keraton Kasultanan Pajang yang sekarang dikuasai oleh  Sultan Suradi Joyonagoro.

Kios Gratis

Sebagai pengusaha, Juwah yang menjabat sebagai Ketua DPW Pemberdayaan Perempuan Lintas Profesi (PP LIPPI) Kudus ini,  juga menyempatkan untuk mengajak pelaku UMKM di wilayah Soloraya agar ikut membangkitkan, berinovasi dan usaha untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

Dalam merealisasikan usaha kreatif ini, Yuwah sebagai penggerak UMKM Hartono Trade Center (HTC) yang berlokasi di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM dalam bentuk kios gratis, dilokasi strategis.

Dengan mendapatkan kios gratis di HTC ini, pelaku UMKM bisa menjajakan dagangannya. Bahkan para pelaku usaha ini bisa menjalin hubungan antar pedagang, untuk saling bertukar pengalaman, juga melakukan kegiatan sosial. “Pada Sabtu (15/01/2022) kami juga memberikan santunan kepada Yatim Piatu, di HTC ini” jelasnya. (Her)