SUKMAWATI DAN GKP PRISCA ‘BEREBUT’ AGAR PUTRANYA BERTAHTA MANGKUNEGORO X

 

Sukmawati Sukarno Putri (kiri) dan  Gusti Kanjeng Putri (GKP) Prisca Marina.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) -Proses Suksesi Mangkunegaran makin memanas, menyusul agar putranya bisa menduduki dan berkuasa di Pura Mangkunegaran dengan tahta Mangkunegoro X. Dua ibu itu masing-masing, Sukmawati Sukarno Putri dan  Gusti Kanjeng Putri (GKP) Prisca Marina.

Keduanya saling berebut agar putranya Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundra Karna (putra Sukmawati) dan GPH Bhre  Cakrahutomo (putra GKP Prisca Marina) nantinya dapat jumeneng adipati Mangkunegoro X.

Hal ini terungkap secara terang-terangan, Sukmawati dalam instagramnya mengklaim kalau yang direstui Presiden pertama RI, Dr Ir Soekarno (alm) dan almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati (KGPAA)  Mangkunegoro VIII adalah GPH Paundrakarna.

"Karena GPH Paundra, putra tertua dari Mangkunegoro IX dan yang lebih penting lagi Paundra tokoh muda yang telah menyatu dengan seni budaya Mangkunegaran dibanding saudara tirinya (Bhre -Red)," tutur Sukmawati di instagramnya @sukmawatisukarnoputri, Sabtu (22/1/2021).

Sementara GKP Marina Mangkunegoro IX, selaku permaisuri melalui juru bicaranya Pengageng Wedana Satrio Pura Mangkunegaran Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Lilik Priyarso mengatakan, calon kuat Mangkunegoro X, GPH Brhe Cakrahutomo.

Sesuai Paugeran

Hal itu sesuai angger-angger Serat Paliyatmo dimana pengganti Mangkunegoro IX yang telah mangkat beberapa bulan lau itu putra permaisuri berjenis kelamin kakung (pria),” ujar Lilik Priyarso  kepada wartawan kemarin.

Diketahui, baik GPH Paundrakarna dan GPH Brhe Cakrahutomo sama-sama putra Mangkunegoro IX. Menurut komentarPaundra, ibu tirinya (GKP Prisca Marina-Red) telah memperalat adik tirinya Bhre,  sebagai ‘boneka’ agar ibu tirinya itu bisa tetap berkuasa di Pura Mangkunegaran, sebagai ibu suri.

Dengan demikian, Paundra merasa kasihan dengan adik tirinya Bhre yang statusnya putra bungsu, namun dijadikan alat oleh ibunya untuk memenuhi egonya dan untuk mewujudkan ambisinya. semata ingin terus jadi Ratu dan berkuasa lagi di Pura Mangkunegaran," tutur Paundra

Ungkapan Paundra tersebut dikatakan via postingan di instagram dengan akun gphpaundrakarna1 adalah akun instagram pribadinya. Untuk itu, Paundra memperingatkan Lilik Priyarso yang dipanggilnya Romo Lilik agar tidak turut campur masalah intern keluarga.

 Kesepakatan Keluarga Inti

Seperti diketahui RMT Lilik sejak awal mengatakan, kalau calon Mangkunegoro X sudah mengerucut ke satu nama, GPH Bhre putra permaisuri. Hal itu menurut Lilik hasil kesepakatan Keluarga Inti Pura Mangkunegaran yang dikoordinir permaisuri GKP Prisca Marina.

Sementara sejarawan juga pengamat budaya Mangkunegaran, Raden Surojo mengatakan, seorang ibu apalagi memiliki pengaruh untuk menentukan putranya sebagai kandidat adipati Pura Mangkunegaran ya wajar kalau ibu Sukmawati mendukung, putranya, Paundra.

Dimana Paundra, yang paling tepat jumeneng menjadi penguasa Pura Mangkunegaran. Sedangkan Juga Prisca Marina juga ngotot ingin menjadikan putranya Bhre, sebagai P engageng Pura Mangkunegaran.

Terpisah, Gusti Retno Satuti, sebagai anggota Dewan Pinisepuh Pura Mangkunegaran juga berkeinginan putranya Kanjeng RMH Roy Rahajasa Yamin yang bakal menduduki tahta adipati Praja Mangkunegaran.

"Namun semuanya tergantung hasil rembugan Dewan Pinisepuh atau Keluarga Inti yang memililiki wewenang untuk memilih siapa figur yang paling kompeten dan secara spiritual memililiki wahyu keprabon untuk dinobatkan adipati Pura Mangkunegaran" papar Surojo. (Njar)