8 PESERTA PMM UNISRI SURAKARTA - UNMAS DENPASAR : ‘BERTUKAR SEMENTARA, BERMAKNA SELAMANYA’

8 Peserta PMM Unisri kedatangannya disambut hangat pihak UNMAS Denpasar ,Bali.

 DENPASAR (JURNALKREASINDO.COM) - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Dr Rispantyo menyerahkan  8 mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) kepada Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Bali.

Kehadiran mahasiswa Unisri ini disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNMAS Denpasar ,Dr I Wayan Gede Wiryawan di ruang rektorat, kampus setempat, Kamis (25/08/2022).

Secara rinci mahasiswa Unisri Surakarta yang dikirim ke Bali itu, dari Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pangan 2 mahasiswa, 4 mahasiswa Ilmu Hukum, satu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan satu mahasiswa Prodi Akuntans

Sedang mata kuliah yang diikuti mahasiswa PMM Unisri Surakarta di Unmas Denpasar sebanyak 20 SKS selama satu semester. "Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini sebagai komitmen Unisri Surakarta dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM," kata Rispantyo.

Keberagamaman Budaya

Sementara itu dalam sambutannya, Dr I Wayan Gede Wiryawan mengatakan, kegiatan pertukaran mahasiswa merdeka ini penting dalam upaya pengembangan diri mahasiswa serta dalam mempelajari keberagamaman budaya, khususnya budaya dan adat istiadat Bali.

"Disamping itu, PMM juga memiliki arti yang sangat bermakna, bukan hanya bagi mahasiswa, namun juga dosen dalam memahami keberagaman budaya di tanah air," kata I Wayan Gede Wiryawan sambil menambahkan,  akan melibatkan mahasiswa Unisri dalam mempelajari budaya Bali.

Ketika itu mahasiswa akan melakukan kunjungan ke tempat budaya atau desa adat di Bali. "Ini akan terjadi pertukaran aneka ragam kesenian, budaya dan dampaknya akan bermakna selamanya bagi mahasiswa, sesuai dengan motto PMM Dikti ‘Bertukar Sementara Bermakna Selamanya’.

Implementasi Kerja Sama

Koordinator MBKM Unisri Surakarta Saiful Bahri menambahkan, Unisri aktif mengikuti kegiatan MBKM dari Kemendikbud Ristek Dikti. Secara mandiri, Unisri melaksanakan kegiatan PMM sebagai pelaksanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun anggaran 2022.

"Ini diperoleh UNISRI dari Kementerian Dikbud Ristek Dikti tahun anggaran 2022 dengan tujuan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi," kata Saiful Bahri yang jugamengatakan,  kerjasama dan kemitraan antara Unisri dengan Unmas ini tidak hanya dalam program PMM saja.

Melainkan  rekognisi dosen dan penelitian kolaborasi sebagai bentuk kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan PMM ini, bentuk implementasi kerja sama yang selama ini telah terjalin baik dengan UNMAS.

"Di sini ada penandatanganan kerja sama Tri dharma Perguruan Tinggi antara Dekan FKIP Unisri dan Dekan FKIP Unmas," katanya dan juga menjelaskan, dalam semester gasal 2022, Unisri tidak hanya melaksanakan PMM dengan UNMAS, namun telah melaksanakan PMM dengan perguruan tinggi lainnya.

Yakni, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan berbagai kegiatan MBKM lainnya seperti Kuliah Kerja Nyata Tematik, Magang Kerja di Industri, Asissten Mengajar, Proyek Kemanusiaan dan Proyek Kewirausahaan. (Her)