TIM PKM VGK UNISRI GAGAS LEARNING LOSS BAGI SISWA SD

 

Para siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, namun juga di luar kelas melalui belajar membersamai  bus.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Mahasiawa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta lolos PKM tahun 2022 dalam  mengangkat Program Kreativitas Mahasiswa tentang gagasan futuristic untuk masalah-masalah yang ada saat ini, seperti PKM Video Gagasan Konstruktif.

Tim PKM Unisri yang beranggotakan Rebecca  Tika Kristiawan (mahasiswa PGSD), Okni Sianurjanah ( mahasiswa Manajemen) dan Catur Wijayanto (mahasiswa PTI) mengangkat judul ‘Traveling Class Solusi Leaning Loss’.

Sedangkan  pengambilan gambarnya dilakukan di SD Negeri Wonosaren. Dimana  SD tersebut merupakan salah satu sekolah yang lokasinya dekat dengan jalan raya utama di Surakarta. Hal ini disambut baik Kepala Sekolah SD Wonosaren,  SM. Ningrum, S.Pd.

SD Negeri Wonosaren, merupakan salah satu sekolah yang lokasinya dekat dengan jalan raya utama di Surakarta.

 Dengan demikian pihaknya memberikan ijin, untuk salah satu kelas di sekolahnya turut dalam pengambilan gambar untuk program kerja kreativitas mahasiswa ini. “Kondisi Pendidikan di Indonesia g saat ini sedang bangkit sedikit demi sedikit dari dampak pandemic” katanya

Mengembalikan Kondisi Siswa

Ditambahkan dengan learning loss yang dialami siswa-siswa selama pembelajaran daring, membuat guru-guru harus bekerja semakin ekstra untuk memulihkan dan mengembalikan kondisi siswa, seperti  motivasi mereka dalam belajar.

Sementara menurut Ema Butsi Prihastari. M.Pd, dosen pembimbing PKM menjelaskan, ke depannya, mengajak siswa untuk belajar tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas melalui belajar membersamai  bus.

Belajar tidak hanya menerima materi, tapi juga perlu dikonfirmasi kembali apakah yang selama ini sudah diberikan oleh guru, diterima dan dimaknai dengan baik oleh guru.Melalui travelling class, guru bisa mengkonfirmasi materi pada anak dengan cara tanya jawab dan memberikan contoh-contoh yang kontekstual. (Her)