UNISRI GELAR PELATIHAN dan PENDAMPINGAN PRODUKSI CINDERAMATA BERBASIS WAYANG

Tim Unisri Surakarta dan peserta Pelatihan Ekonomi Kreatif Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni, sebelum melakukan kegiatan  pelatihan.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) -Tim Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Pembinaan Ekonomi Kreatif bagi pelaku UMKM di Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni.

Pelatihan memproduksi cinderamata atausouvenir berbasis wayang itu diikuti 25 orang dari unsur pengelola Wayang Orang Sriwedari, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta serta  Perwakilan pemain Wayang Orang Sriwedari.

Ketua Matching Fund 2022 dari Unisri Surakarta Siti Supeni mengatakan, pelatihan dan pendampingan pembinaan ekonomi kreatif itu merupakan kegiatan untuk memberdayakan pelaku UMKM agar bisa meningkatkan produktifitas, khususnya produksi cinderamata berbasis wayang.

Cindera mata itu nantinya dijual di teras, depan Gedung Wayang Orang (WO)Sriwedari, untuk menyemarakkan suasana, serta dapat meningkatkan ekonomi bagi para pengusaha pada UMKM hasil pendampingan dan pelatihan yang telah dilakukan team Matching Fund Unisri Surakarta.

Meningkatkan Produktifitas

Tujuan dari pelatihan dan pendampingan itu, kata Supeni, untuk  meningkatkan produktifitas, khususnya dalam memproduksi cinderamata/souvenir berbasis wayang, yang dapat dijual di lingkungan Gedung  Wayang  Orang  Sriwedari.

"Sehingga mampu meningkatkan ekonomi bagi anggota UMKM serta lebih menyemarakkan bagi para pengunjung, untuk dapat membeli cindera mata wayang sebagai kenang-kenangan," kata Peni sembari menambahkan, Sehingga dapat terwujud WO Sriwedari yang bertata kelola baik.

Juga memiliki media digital yang mampu untuk berpromosi, serta memiliki manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang baik, tim pemberdayaan mahasiswa dan dosen dalam mendampingi implementasi itu dan perlu dilaksanakan secara sistematis dan terukur.

"Hasil  dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi souvenir yang dapat dijual di Gedung Wayang Orang Sriwedari, sehingga dapat meningkatkan ekonomi bagi anggota UMKM," pungkasnya. (Her)