HEMBUSAN ANGIN DALAM GOA SUSUH ANGIN, FIRASAT HASIL TIRAKATNYA DIKABULKAN

 

Prasasti Goa Susuh Angin, yang letaknya tidak jauh dari goa pemberi  firasat itu.

BOYOLALI (JURNALKREASINDO.COM) - Bagi orang yang biasa melakukan olah supranatural  tirakat atau ritual ngalap berkah, namun keinginannya belum tercapai. Maka konon ada tempat khusus yang dipercaya sebagian orang mampu untuk menandai keberhasilnya lewat hembusan angin.

Dimana itu ? di Dukuh Sendangrejo, Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, tepatnya berada di Goa Susuh Angin. Disana, disekitar goa tersebut  juga  ada beberapa lokasi atau petilasan tempat menjalankan prosesi ritual lelaku supranatural.

Dimana petilasan itu diyakini, ampuh atau memiliki kekuatan gaib yang bisa sebagai sarana untuk mengetahui keinginan petirakat  bakal terkabul atau gagal dalam olah supranaturalnya. Tentu, lokasi wingit itu dilatarbelakangi oleh kandungan kegaiban yang mumpuni.

Goa Susuh Angin yang mampu m emberi firasat kepada petirakat.

Dikisahkan, Goa Susuh Agin ini berada lereng Gunung Merapi yang dulunya pernah untuk bertapa raja Keraton Surakarta, Paku Buwono (PB ) X pada masa kepemimpinanya. Untuk itu kini Goa Susuh Angin tersebut banyak dikunjungi orang yang melakukan tirakatan.  

Hembusan Angin

Bagi seseorang yang ingin tirakat disana, disayaratkan untuk lebih dulu mandi (bersuci) di mata air yang mengalir dibawah goa, tidak jauh dari lokasi Goa Susuh Angin itu. Selanjutnya, duduk bersila,  semadi di pintu goa, guna menyampaikan keinginannya.

Beberapa saat kemudian, dia akan merasakan munculnya hembusan angin yang  cukup kencang. Nah, jika hembusan angin itu cukup kencang keluar dari dalam goa, itu sebagai firasat jika keinginannya bakal menjadi realita.

“Sebaliknya, jika hembusan angin tersebut seolah menyedot (menarik) tubuhnya kedalam dalam goa , artinya cita-citanya belum terkabul” ujar Tarno, warga yang rumahnya tidak jauh dari tempat itu. Hal ini firasat angin ini, sering diceritakan para petirakat.

Setelah mereka usai melakukan ritual ngalab berkah disini dan keinginanya terkabul. Sebab biasanya, orang yang telah tercapai keinginanya lantas datang lagi untuk menggelar syukuran dengan menyembelih kambing atau ayam dan  umbul donga dipimpin tuk dimasak warga disini, sesepuh diperdukuhan ini. (Ryan)