PROF. SULISTYO SAPUTRO, MSi, PhD TERPILIH MENJADI KETUA UMUM APPPI

 

 Prof. Sulistyo Saputro, MSi, PhD terpilih menjadi ketua umum APPPI dan Dr. Euis Nursa’adah, MPd sebagai sekretaris.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM)  – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI) yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 November 2022.

Hasilnya, Prof. Sulistyo Saputro, MSi, PhD terpilih menjadi ketua umum APPPI . Dalam pembukaan Munas  APPPI itu dihadiri Ketua APPPI Prof. Sulistyo Saputro, MSi, PhD yang juga Kepala Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS Surakarta

Selain itu juga Dr. Dewi Kusuma Wardani MSi Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pascasarjana UNS Surakarta dan Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta.

Acara Munas Ke-1 APPPI ini diawali dengan pengantar dari Prof. Sulistyo Saputro, MSi, Ph dalam sambutannya menyampaikan, saat ini yang hadir dalam acara Munas Ke-1 APPI diantaranya dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Negeri Padang (UNP).

Pendidikan dan Pembelajaran IPA

Juga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unnesa), Universitas Mataram (Unram), Universitas Pakuan Bogor, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu, UIN Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, dan beberapa insitusi lainnya.  

Foto bersama, seusai hasil Munas Ke- 1 APPPI ditetapkan, serta  AD dan ART ditetapkan.

Pada dasarnya, APPPI merupakan kumpulan Kepala Program Studi (Kaprodi) yang ada dalam S2 Pendidikan IPA dan S3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia. Dengan APPPI ini dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia.

Saat ini, di Indonesia belum ada asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA. Maka, pembentukan APPPI diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA. Kedua, menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik.

Profesorkan  Kaprodi

Ketiga, kedepan perlu pelaksanaan join riset dan publikasi yang bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPPI. Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, MSi, selaku Rektor UNS Surakarta juga  memberikan sambutan.

Pada acara Munas  Ke-1 APPPI di UNS ini. Sajidan yang terpilih menjadi Rektor UNS Periode 2023-2027 ini berpesan, bagaimana APPPI dapat mem-Profesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja kedepan.

Pada intinya mengapresiasi Munas ke-1 APPPI yang diselenggarakan di UNS Surakarta.  Pada dasarnya, keberadaan research citation menjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi.

Model Pembelajaran

Selain itu, ada langkah kedepan bagaimana mengembangkan model-model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata. Intinya, kolaborasi antar Perguruan Tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk kedepannya.

Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada. Hasil akhir dari Munas Ke-1 APPPI di UNS secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro sebagai Ketua Umum.

Sedangkan Dr. Euis Nursa’adah, MPd (Universitas Bengkulu) sebagai sekretaris sekaligus semua pengurus lengkapnya. Selain itu, Munas Ke-1 APPPI menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPPI kedepannya. (Njar)