ASTRID WIDAYANI, PENGUKIR SEJARAH HIPMI KOTA SURAKARTA


Astrid Widayani (berdiri), ketika memaparkan visi dan misinya sebagai satu-satunya calon perempuan Ketua BPC HIPMI Kota Surakarta.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Setelah lebih dari 10 tahun bergabung dengan Badan Pimpinan Cabang (BPC) HIPMI (Himpinan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Surakarta Solo dan bahkan terakihir  menjabat sebagai pengurus bidang  Kompartemen Hubungan Internasional , Astrid Widayani  menyatakan kesiapannya  berlaga sebagai calon ketua umum BPC HIPMI Kota Surakarta periode 2023-2026.

Astrid yang selama ini berkecipung di bidang Pendidikan dan Edupreneur, bakal mengukir sejarah yang pertama kali sebagai ketua umum di organisasi kaum pengusaha muda yang dipimpin seorang perempuan. “Saya bergabung dengan HIPMI Kota Surakarta sejak tahun 2010 dan seandainya saya mendapatkan amanah menjadi ketua Umum HIPMI, ini merupakan pengukir sejarah” ujarnya

Ketika Astrid dan tim saat mendaftar sebagai calon Ketua HIPMI Kota Suraka rta.

Karena Astrid pertamakali sebagai perempuan yang memimpin HIPMI, Khususnya di Kota Surakarta. “Apalagi sekarang ini hari Jumat Berkah, saya yang pertama juga mendaftar sebagai ketua Umum HIPMI Kota Surakarta, semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT untuk perkembangan dan kemajuan kedepan” paparnya

Ungkapan itu diutarakan Astrid seusai melengkapi dan mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum HIPMI Kota Surakarta yang menggunakan tag line tagar # Pasti Beda, pada Jumat (16/12/2022) di Kantor HIPMI Solo dan menjadi satu-satunya perempuan diantara calon-calon lainnya.  "Saya ingin berbuat sesuatu agar HIPMI Kota Surakarta semakin maju” tandasnya

Pemberdayaan Organisasi

Sehingga menjadikan organisasi HIPMI yang independen dan membuat program pemberdayaan organisasi. Menyikapi bakal terjadinya prediksi resesi global di tahun 2023, Astrid mengatakan,  peran HIPMI untuk kolaborasi, edukasi , preventive dan Business Transformation (New Market & New Policy) harus lebih diintensifkan.

Dengan kesiapannya, Astrid dan tim suksesnya, bersama pengurus HIPMI Kota Surakarta mengembangkan dan membawa kemajuan jaman di Era Revolusi Industri 4.0.

Selain itu juga memberikan ruang bagi anggota untuk pengembangan dalam meningkatkan profil usaha, serta penyediaan pelatihan dan digital platform dalam menghadapi era digital. Astrid yang merupakan  bakal calon ketua HIPMI Solo pertama yang sudah menyelesaikan syarat administrasi itu menyatakan, menjadikan kader-kader HIPMI semakin berdaya, inovatif dan adaptif terhadap kemajuan jaman di Era Revolusi Industri 4.0.

Pengusaha Muda Di Solo Raya

Jika Astrid benar-benar terpilih menjadi ketua HIPMI Kota Surakarta , juga bakal mendorong organisasi HIPMI menjadi ruang bagi pengusaha muda di Solo Raya untuk dapat berkembang, bersinergi, serta menciptakan lapangan kerja baru, baik di tingkat nasional, bahkan  internasional. “Karena kantong-kantong pengembangan juga banyak disekitar Kota Solo” tandasnya

 Disamping Astrid terus  berupaya  meningkatkan sinergitas antar HIPMI se-Solo Raya dalam memaksimalkan potensi ekonomi serta kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Ssuai dengan misinya, Astrid maju sebagai Caketum HIPMI Solo, yakni memberdayakan kader-kader HIPMI dengan berbagai program pengembangan bisnis melalui pelatihan dan forum bisnis.

Astrid Widayani dan Tim Suksesnya, saat memberikan keterangan kepada wartawan.

 Juga menciptakan ‘dot connector’ melalui pendekatan forum, serta digitalisasi untuk membangun sinergitas antaranggota dan stakeholder. "Kami juga mendorong adaptasi di era digital dengan penyediaan teknologi informasi, serta digital media dalam pengembangan usaha, organisasi dan menularkan virus entrepreneurship.

Dengan demikian, penciptaan ruang-ruang pengembangan entrepreneurial mindset yang meliputi womenpreneurship, edupreneurship, innopreneurship, sociopreneurship dan digipreneurship harus terealisasi secara baik.  "Saya sudah berpengalaman melakukan banyak hal, Jika dilakukan bersama teman-teman HIPMI pastinya dampak yang diberikan akan lebih besar" tandasnya. (Her)