AZENTA, MAHASISWA FK UMS RAIH KEJUARAAN LOMBA BIOLOGI TINGKAT NASIONAL

Moch Tabriz Azenta, memicu semangat mahasiswa FK UMS.

 PABELAN (JURNALKREASINDO.COM) - Moch. Tabriz Azenta, mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meraihbebeberapa  kejuaraan biologi tingkat nasional. Selain jago lomba, Azenta juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas.

Tentu saja prestasi ini membanggakan dan menambah semangat mahasiswa untuk terus memacu diri. Menariknya pada tahun ini, mahasiswa semester 2 itu, mendapatkan medali emas Olimpiade Biologi IOS 2023 (Indonesia Olympic of Science), kemudian memperoleh  medali perak Olimpiade Biologi pada Event Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum.

 Olimpiade  tersebut  diselenggarakan BEM Universitas Jenderal Soedirman 2023. Selain itu juga mendapatkan medali perunggu Olimpiade Biologi OSSN (Olimpiade Sains Siswa Nasional) 2023. Azenta  mengungkapkan dan mengakui  dirinya sudah sering mengikuti perlombaan, ketika masih dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Dari situ saya punya teman-teman yang saling memberikan informasi perlombaan, baik mata pelajaran Biologi maupun Matematika,” ungkapnya pada Selasa, (11/7) sembari menambahkan, motivasi dalam mengikuti perlombaan itu, diantaranya ingin terus  mencoba hal lain dan menambah value atau nilai.

Atif Kompetisi

Sehingga tidak hanya berpikir, soal kuliah atau nilai IPK saja, tetapi bisa melakukan kompetisi dan aktif di UKM dan Organisasi. “Hal ini guna menyeimbangkan antara akademik, prestasi dan organisasi. Dengan demikian diatur sedemikian rupa dan untuk kegiatan di luar akademik, kami sudah menyesuaikan dengan kesibukan mahasiswa Fakulktas Kedokteran UMS” paparnya

Sehingga  dirinya mampu membuat  tidak ada yang tabrakan jadwal kegiatannya yang dijalaninnya. Dalam proses perlombaan yang dilakukan, tambahnya, dilakukan secara online. Jadi, lombanya dengan menggunakan aplikasi sesuai pentujuk teknis lomba. “Masalah mengatur waktu itu perlu ketelitian untuk menyeimbangkan” katanya

Semantara itu Dekan FK UMS, Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.KK, Dipl.STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV menyampaikan rasa syukurnya, karena mahasiswa FK UMS mampu membuktikan prestasi dan menjadi inspirasi bagi teman-temannya. “Zenta beberapa kali menjuarai perlombaan dan konsisten ikut lomba” jelasnya

Mengapresiasi

Mewakili FK UMS  Flora Ramona mengapresiasi dengan menginformasikan kejuaraan tersebut, baik di website, Instagram, dan facebook.  Selain itu dia bisa menjadi asisten dosen biologi molekuler dengan golden tiket tanpa seleksi.dengan capaian prestasi yang diperoleh dapat memotivasi mahasiswa lain baik program sarjana maupun profesi kedokteran untuk sadar prestasi.

Diharapkan, dengan diperolehnya kejuaraan ini semakin rendah hati dan selalu ingat keberhasilan ini semata dari Allah SWT serta doa orang tua. Orang tua disini jangan hanya diartikan orang tua yang berada di rumah, tetapi orang tua di kampus para dosen. Selain ituharapan untuk mahasiswa FK UMS pada umumnya,

“Jangan jadi mahasiswa FK yang pasif, karena masa muda itu indah untuk dinimati. Tetaplah mencoba untuk mengikuti kompetisi sesuai dengan kemampuan. Fakultas maupaun Universitas selalu mensupport mahasiswa berprestasi di bidang apapun, mau individu atau beregu sama bagusnya. (Her)