PUSAT STUDI PANGAN UNISRI MELATIH PEMBUATAN PRODUK PANGAN SEHAT DI CEPOGO

Anggota PKK Desa Cepogo, Boyolali, saat mempraktekan pelatihan membuat selai dan mie.

BOYOLALI (JURNALKREASINDO.COM)
- Pusat studi pangan bekerjasama dengan Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta memberi pelatihan pangan sehat yang dihadiri 80 anggota PKK di Desa Cepogo, Boyolali.

Ahmad Mustofa, STP, MSi, kepala Pusat Studi Pangan Unisri menjelaskan, tujuan dari workshop ini untuk melatih anggota PKK agar bisa memanfaatkan sayuran yang ada di sekitar desa setempat,  seperti sawi dan labu siam.

Karena desa Cepogo merupakan sentra sayuran di Boyolali, sehingga sawi atau labu siam jumlahnya cukup berlimpah. Dalam pelatihan tersebut,  anggota tim pengabdian Fatipa melatih untuk membuat manisan dan selai dari labu siam dan sawi dimanfaatkan menjadi mie dan nugget.

Lebih lanjut Mustofa menambahkan, pelatihan ini dalam rangka meningkatkan arti pangan sehat di masyarakat dengan memanfaatkan produk lokal. Menanggapi hal ini Mawardi kepala desa Cepogo menyambut baik, sehingga Desa Cepogo dapat melakukan diversifikasi pangan.” Kami berharap kerjasama ini kedepannya semakin erat dan beragam” pungkasnya.  (Her)