UVOMI UNISRI LIBAS ABIMANYU BOYOLALI 7-0, DALAM SPARING PARTNER

Aksi siswa Uvomi U-10 saat bertanding dengan kompak dan bekerjasama mematahkan serangan lawan.

 BOYOLALI (JURNALKREASINDO.COM) - Meski belum genap satu tahun siswa Unisri Voli Akademi (Uvomi) Solo berlatih dan mengenyam pendidikan disekolah voli , namun mereka sudah kelihatan tertata dan matang mentalnya dalam bertanding.

Hal ini dibuktikan ketika diadakan atih tanding (sparing partner)berhadapan dengan group Voli  Abimanyu  dari Boyolali. Padahal sparing partner itu dilakukan di kandang lawan, tepatnya di Nogosari Kabupaten Boyolali.

Kendati demikian, tim voli Uvomi U-10 mampu mengalahkan tuan rumah, dengan skor cukup telak, 7-0 tanpa balas. Sementara sebelumnya , dalam sparing partner beberapa minggu lalu, di lapangan Unisri, anak-anak asuhan coach Iskak itu juga, menang telak 5-0 melawan Blockids Karanganyar.

timUvomi dan Abimanyu, foto bersama sebelumbertanding.

Ketika pertandingan melawan Abimanyu Boyolali, permainan sudah mulai enak ditonton, bola tidak asal nyebrang. Kemampuan individu sudah terlihat, mulai dari servis, passing, hingga smash. Ungkin yang belum terlihat, kemampuan blocking bola, pemainnya belum ‘gaduk’ net atau jaring.

Mental Bagus

Maklum saja, mereka masih kecil-kecil yang sebagian besar kelahiran 2010. Tak hanya kemampuan teknik individu, kerja sama tim anak-anak juga terlihat. Bahkan mental mereka pun juga mulai terlihat bagus. Setidaknya itu nampak pada saat skor tertinggal.

Pada set pertama, Risa dan kawan-kawan sempat tertinggal jauh dari anak-anak Abimanyu Boyolali, tetapi mereka bisa mengejar point dan akhirnya menang telak. Karena pemain Uvomi mampu membaca kekuatan lawan, setelah melaksanakan instruksi pelatih dengan baik.

"Yang penting anak-anak itu senang, bermain bagus, sportif dan tanpa beban. Soal menang, itu bonus bagi anak-anak, selain berlatih secara rutin, juga siswa Uvomi yang sebagian besar remaja, usia SD dan SMP itu nantinya akan diperbanyak untuk latih tanding” kata Yona Ervina, kepala sekolah Uvomi

Latih tanding atau sparing partner baik putra maupun putri itu, merupakan hal yang penting, sebab saat itu bisa para siswa bisa dilihat dan dipantau langsung perkembangan kemampuan teknik individu serta untuk melatih kondisi mental mereka. (Her)