MAJLIS TAFSIR AL QUR’AN TANDATANGANI MoU BIDANG PENDIDIKAN DENGAN UNS

 

Pimpinan MTA , Ustadz Nur Kholid Syaifulloh, Lc. MHum (kedua dari kanan) bersama Plt Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi, Prof. Irwan Trinugroho, SE, MSc, PhD (ketiga dari kanan) masing-masing didampingi pejabat UNS dikedua belahpihak.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Yayasan dakwah Islamiyah, Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bidang pendidikan, dengan Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Penandatanganan ini dilakukan pada acara Seminar Kependidikan.

Dalam seminar itu mengusung  tema ‘Internalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan’ pada  Kamis (31/8/2023) pagi, di Gedung Tower UNS, Kota Solo. Dari UNS diwakili Plt Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisni, dan Informasi, Prof. Irwan Trinugroho, SE, MSc, PhD, sementara dari MTA langsung  Pimpinan Pusat MTA, Al Ustadz Nur Kholid Syaifullah, Lc, MHum.

Ketua Panitia, Irwan Firman, SS, MS mengatakan, penandatanganan tersebut merupakan kerja sama linier, khususnya di bidang pendidikan. “Kerja sama antara UNS dengan pihak manapun sebenarnya itu sudah sangat biasa, begitu juga dengan kemajlisan kita. Jadi MoU ini, membahas adanya peluang-peluang  yang bisa dikolaborasikan” ungkap Firman

Sementara Koordinator Direktorat Kerja Sama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Giyatno, SIP, Msi mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan kerja sama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.“Kerja sama tersebut mengenai bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagaimana tugas pokok dan fungsi Universitas Sebelas Maret” tandasnya

Kualitas dan Kapasitas

Dikatakan , Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kerja sama bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Bahkan bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Dimana SDM yang ada di MTA saling dikembangkan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas di masing-masing instansi atau lembaga yang ada,” jelas Giyatno.

Suasana Seminar Nasional Kependidikan dengan tema ‘Internalisasi Nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan’ di Gedung Tower UNS, Kota Solo yang diselenggarakan Panitia Silatnas Ke  4 MTA.

Bentuk realisasi dari kerja sama tersebut, jelas Giyatno, tentang bidang pengajaran misalnya UNS siap mensupport proses kurikulum pendidikan yang ada di MTA. Kemudian bisa juga dilakukan penelitian bersama, dan juga melaksanakan pengabdian bersama terhadap lingkungan masyarakat baik di Kota Solo maupun di Indonesia.

Adapun untuk pengembangan SDM, karena UNS ini mencetak sarjana, baik S1, S2 maupun S3 doktoral, bisa juga dari MTA studi lanjut di UNS, sehingga umat  MTA bisa berkualitas dibidang ilmu pengetahuan dan tehnologi. Hal ini jelas secara pendidikan diluar keagamaan, umat MTA mampu MENGIKUTI perkembangan zaman yang terus maju dan berkembang.

Sekitar 10 Tahun

Terpisah, di sela-sela acara, Ketua Bidang Pendidikan MTA Pusat, Drs. Heru Siswanto menjelaskan, sebetulnya secara faktual MTA sudah menjalin pendidikan dengan UNS ini selama sekitar 10 tahun. “Sebetulnya jalinan kerja sama tersebut sudah berlangsung  selama sekitar 10 tahun, terutama di sektor penguatan pengajaran di SMA” tutur Heru Siswanto

Tidak sampai disitu saja, tetapi  juga sampai di satuan kerja PAUD. Heru menambahkan, strategi pendidikan di MTA saat ini memperkuat bidang pendidikan di tingkat dasar, mulai dari PAUD, SD, SMP dan  SMA. Saat ini MTA telah memiliki 72 PAUD, 9 SD, 2 SMP, 1 SLB, dan 1 Pondok Pesantren yang setara SMP dan SMA.

Kemudian sebaran lembaga pendidikan MTA, dari sebelumnya di Solo Raya kini sudah merambah ke Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra dan Kalimantan.  “Untuk sekolah dasar, kami mendirikan di Ngrambe, Ngawi Jawa Timur, kemudian tahun lalu di Kota Bumi, Lampung Utara. Dan sebelumnya di Karawang dan Solo Raya,” pungkasnya. (Her)