HENDRY CH BANGUN, KETUA UMUM PWI PUSAT TEPILIH PERIODE 2023-2028

Tiga kandidat ketua PWI Pusat, dari kiri : Hendry Ch Bangun, Atal S Depari dan Zulmansyah Sekedang.

BANDUNG (JURNALKREASINDO.COM)
– Setelah melalui persaingan yang ketat, akhirnya Hendry Ch Bangun (mantan Sekjen PWI)  terpilih menjadi ketua umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023-2028. Hendry CH Bangun berhasil memenangkan pemilihan ketua PWI Pusat menyisihkan kandidat lainnya, Atal Sembiring Depari (petahana ketua umum PWI) dan Zulmansyah Sekedang (Ketua PWI Riau).

Pemilihan ketua PWI Pusat itu terjadi pada Rabu (27/09/2023) dini hari, dalam Kongres XXV PWI di Hotel El Royale Bandung. Sementara , Sasongko Tedjo terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat menggantikan Ilham Bintang. Pemilihan Ketum PWI Pusat berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara, Hendry mendapatkan 39 suara, dan calon lainnya,  yakni Zulmansyah Sekedang meraih sembilan suara. 


Akhirnya Hendry Ch Bangun terpilih menjadi ketua Umum PWI Pusat Periode 2023 – 2028.

Dengan catatan, semua suara masuk ke masing-masing calon, tanpa ada yang abstain atau tidak sah. Hendry Ch Bangun, mantan wartawan Kompas yang pernah menjabat Sekjen PWI Pusat dan anggota Dewan Pers, mengalahkan Atal S Depari dengan meraih 47 berbanding 41 suara. Dalam pemilihan yang dipimpin 3 pimpinan sidang,  Luthfil Hakim (Ketua PWI Jatim), Syamsir Hamajen (Sekretaris PWI Malut) dan Farianda Putra Sinik (Ketua PWI Sumut).

Gelombang Zaman

Total suara yang diperebutkan sejumlah 88, terdiri dari pengurus PWI seluruh provinsi di Indonesia. Tiap provinsi memiliki jumlah suara berbeda tergantung jumlah wartawan anggota PWI yang dimiliki, dengan berdasarkan informasi yang diterima, satu suara proporsinya sama dengan 100 wartawan di satu provinsi. Untuk teknis pemilihan, tiap Ketua PWI Provinsi melakukan pemilihan atas calon yang ada, dengan mendapatkan kuota suara berdasarkan jumlah anggota di wilayahnya.

Misalnya, PWI Cabang khusus Surakarta setara cabang provinsi yang mendapat jatah 1 suara. Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul akrab dipanggil Gus Anas mewakili anggotanya memasukkan satu surat suara ke bilik suara. Terpilihnya Hendry Ch Bangun disambut gembira sejumlah wartawan senior diantaranya Hendro Basuki,  karena dia menyakini  banyak  anggota PWI yang berharap  Hendry mampu menahkodai kapal besar PWI 5 tahun kedepan.

sekaligus menyambut perubahan gelombang zaman. Era disrupsi 4.0 dan 5.0 Artificial Inteligent. "Seorang nahkoda yang hebat adalah mereka yang memenangkan pertarungan melawan ombak yang ganas. Bukan di laut yang ramah" tandasnya. (Tgr)