JOB FAIR CAREER EXPO 2023, Dr. ASTRID : OPTIMIS MEMBUKA PELUANG PEKERJAAN DI DUNIA INDUSTRI

 

Dr. Hj. Astrid Widayani, SS, SE, MBA, optimis dengan digelarnya Job Fair Career Expo 2023.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Dr. Hj. Astrid Widayani, SS, SE, MBA, rektor Universitas Surakarta (Unsa) mengatakan, akan meningkatkan jalinan komunikasi yang lebih inten dari yang selama ini telah dilakukan dengan perusahaan industri. “Dengan demikian saya optimis, karena jalinan komunikasi yang baik akan memudahkan dan menambah peluang  pekerjaan di dunia industri, dari perusahaan untuk menerima tenaga kerja  lulusan perguruan tinggi” katanya kepada wartawan, seusai mengikuti acara Jab Fair Career Expo 2023

Astrid yang juga pengurus Kadin (kamar dagang dan Industri) Kota Solo, bidang Pendidikan, IT dan komunikasi selanjutnya menuturkan, Ia sangat senang sekali , karena banyaknya perguruan tinggi se-Solo Raya dan perusahaan di dunia industri yang bergabung di Job Fair ini, sehingga akan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, khususnya bagi lulusan perguruan tinggi.

Selain itu, pihak Pemkot Surakarta juga mendukung dengan membuka banyak pelatihan dalam rangka meraih lapangan usaha, begitu juga pihak Kementrerian tenaga kerja juga akan melakukan kerja sama dengan dunia lapangan pekerjaan di luar negeri. “Untuk itu, sebagai pihak perguruan tinggi, kami juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM)-nya” tuturnya

Prosesi ketika Gibran Rakabuming, Walikota Surakarta (tengah) didampingi Afriansyah Noor (kiri) menerima cideramata dari panitia Job Fair Career Expo 2023.

Diketahui, Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) bekerjasama dengan UMKM Expo FORPUSKA (Forum Pusat karir Perguruan Tinggi Solo Raya) menggelar acara Job Fair Career Expo 2023 selama 2 hari, pada  Selasa – Rabu (26-27/9/2023), di Grha Wisata, Solo. “Acara ini untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat " ujar Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan

Persiapan Pencari Kerja

Ungkapan itu diutarakan, Afriansyah sebelum membuka acara tersebut, yang selanjutnya dia menambahkan, gelaran ini sebagai persiapan para pencari kerja di Surakarta untuk terjun ke dalam dunia karier yang mereka inginkan.” Job fair juga membantu untuk memilih karier yang sesuai dengan minat dan bakat pencari kerja” tandasnya

Hal ini agar dapat mengimplementasikan pembelajaran dari mata kuliah yang mereka pelajari selama di perkuliahan ke dalam karier yang mereka pilih nantinya. Job fair merupakan suatu upaya berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, menciptakan SDM berkualitas unggul dengan pembekalan pengetahuan seputar dunia kerja.

Sehubungan dengan hal itu, perusahaan agar memperoleh kandidat pekerja yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan. Dia menambahkan Kemnaker juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

Seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan dan lain sebagainya yang dapat diakses secara umum melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses pada laman https://kemnaker.go.id. Sedangkan  aplikasi seputar informasi lowongan pekerjaan, tersedia pula layanan melalui domain https://karirhub.kemnaker.go.id.

Di aplikasi itu mempertemukan antara pemberi kerja perusahaan/individu dengan pencari kerja, baik dalam negeri, maupun luar negeri. (Her)