LAB HI UNISRI BEKERJASAMA DENGAN JAVA ACADEMY, GELAR IR’S CAREER DEVELOPMENT COURSE 2023

 

Untari Narulita Madyar Dewi, SIP. MHI dan Andhika Bambang Supeno, Msi, ketika memberikan arahannya.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Dalam rangka untuk mendorong kualitas lulusan Prodi HI Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Lab oratorium Hubungan internasional (HI) Unisri menggelar  ICDC atau IR’s Career Development Course Tahun 2023, bertempat di Gedung H lantai 5 kampus Unisri.

ICDC Tahun 2023 ini merupakan rangkaian program kerja Lab HI untuk mahasiswa HI semester 7, alumni, bahkan masyarakat umum, berlangsung selama 2 hari Jumat – Sabtu (15-16/9/2023). Kepala Laboratorium HI Unisri, Untari Narulita Madyar Dewi, SIP. MHI mengatakan, Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional, Prodi HI, bekerjasama dengan Java Academy.

Yakni dari Mitra Buana Internasional selaku Lembaga Pendidikan bimbingan belajar dan konseling swasta di Indonesia. Kerja sama ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa lulusan Prodi HI Unisri agar dapat bersaing dikancah internasional, melalui Penerimaan Seleksi Pegawai Setempat KBRI/KJRI yang ada di Luar Negeri.

Foto bersama narasumber dengan para peserta IR’s Career Development Course Tahun 2023.

 Tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan mahasiswa HI dalam menghadapi dunia kerja/dunia industri ini, sebagai bekal yang sangat berguna bagi mahasiswa lulusan Prodi HI dan masyarakat umum yang akan mengikuti Seleksi Pegawai Setempat KBRI/KJRI dan Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun 2023.

Bekerja Nasional dan Internasional

Program ICDC Tahun 2023 menjadi program yang sangat dinantikan para mahasiswa HI, hal ini dikarenakan peluang mahasiswa HI untuk bisa bekerja dikancah nasional dan internasional sangat terbuka lebar, jelasnya. Hal senada juga disampaikan Ketua Prodi HI UNISRI, Ganjar Widhiyoga, PhD, bahwa kegiatan ICDC tahun ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa HI.

Mahasiswa agar mengetahui mekanisme seleksi Penerimaan Pegawai Setempat KBRI/KJRI dan seleksi CPNS Kemlu. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pemahaman menghadapi tes tertulis, tes akademik dan tes wawancara di Kemlu itu seperti apa. “Rangkaian kegiatan ICDC ini kami mengundang narasumber yang kompeten dan ahli dalam bidangnya” ujarnya

Nara sumber itu, Andhika Bambang Supeno, MSi merupakan Ex Minister Counsellor Kementerian Luar Negeri RI, dengan memberikan bekal  materi pengetahuan dan softskills yang baik, bagi para mahasiswa HI dalam menghadapi seleksi Penerimaan Pegawai Setempat KBRI/KJRI dan seleksi CPNS Kemlu. (Her)