LPPM UNISRI GELAR SENADIMAS KE 6, MENGUKUR KUALITAS KEGIATAN PENGABDIAN

 

 Prof.Dr.Sutoyo,MPd, sejalan dengan alur Kemdikbudristek.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat (Senadimas) ke-6. Dorothea Ririn Indriastuti, SE, MSi selaku ketua panitia, Kegiatan ini mengambil tema ‘Pengembangan Program Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka Penguatan UMKM di Era Society 5.0’.

dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. yakni Luthfi Ilham Ramdhani, S.Sos. (Koordinator Bidan Pengabdian Masyarakat DRTPM). Seminar hasil pengabdian ini sangat penting untuk mengukur kualitas kegiatan pengabdian, khususnya dari segi pelaksanaan, keberlanjutan, dan capaian luaran, jelasnya.

Peserta seminar nasional pengabdian pada masyarakat (Senadimas) ke-6, foto bersama rektor Unsri Surakarta.

Acara dibuka, Rektor Unisri Prof.Dr.Sutoyo,MPd yang dalam sambutannya dikatakan, alur pelaksanaan program Pengabdian Pada Masyarakat di Unisri sudah sejalan dengan alur Kemdikbudristek, mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan kegiatan, laporan kemajuan, dan seminar hasil pengabdian.

Program Pengabdian

Namun demikian kualitas program pengabdian sebagai ini, salah satu bentuk implementasi Tridarma Perguruan Tinggi harus terus ditingkatkan. Sadangkan memenurut ketua LPPM,Yannie Asrie Widanti, STP, MGizi, MPd, LPPM memegang peran penting agar program-program pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen Unisri memberikan dampak nyata di tengah masyarakat.

Dalam paparan Luthfi Ilham Ramdhani, S.Sos. menjelaskan, ini akan memperkuat pemahaman program-program yang sudah dirancang Kendikbudristek di bidang pengabdian. juga disampaikan, pemutakhiran data Sinta sangat penting dilakukan, agar kesempatan untuk meraih pendanaan program pengabdian semakin terbuka.

Pelaksanaan tridarma perguruan tinggi harus merupakan sinergi antara aktivias pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Kegiatan Senadimas ini diakhiri dengan presentasi hasil-hasil pengabdian masyarakat oleh dosen Unisri maupun peserta dari Perguruan Tinggi lain.(Her)