PRODI HI UNISRI KULIAH UMUM BERSAMA BSKLN KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI

 

Suasana Kuliah Umum bersama Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Prodi HI (HubunganInternasional) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta gelar Kuliah Umum bersama Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (RI). Kuliah Umum kali ini mengusung tema ‘Refleksi ketuaan Indonesia di Asean 2023: Peran Strategis Indonesia di ASEAN dan Kawasan Indo-Pasifik’.

Tema ini diangkat bertujuan untuk memberikan insight kepada para mahasiswa/i Ilmu Hubungan Internasional Unisri tentang Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Kuliah Umum ini diikuti 100 mahasiswa HI Unisri lintas angkatan.  Agenda kuliah umum ini menjadi bagian dari program kerja Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional tahun anggaran 2023.

Acara ini kolaborasi dengan BSKLN Kementerian Luar Negeri RI  yang menjadi bagian yang sangat dinantikan oleh para mahasiswa/i HI UNISRI. Ungkapan ini disampaikan Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Ganjar Widhiyoga, Ph.D. Ia mengatakan, kuliah umum bagi mahasiswa baru HI Unisri menjadi rutinitas tahunan, dibawah program kerja Laboratorium Ilmu HI.

Pernyataan ini senada dengan Kepala Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional, Untari Narulita MD, S.IP., MHI, yang menyampaikan, kuliah umum tahun ini hasil kolaborasi dengan BSKLN Kementerian Luar Negeri yang diadakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 bertempat di Gedung H Lantai 5 Universitas Slamet Riyadi.

Mendalami Kajian

Selain itu, diharapkan dengan adanya kuliah umum ini, mahasiswa baru HI Unisri memiliki minat yang semakin kuat untuk mendalami kajian dalam ilmu hubungan internasional serta mendorong para mahasiswa untuk dapat berpikir secara critical thinking dan berwawasan global. Dengan  pembicara Dr. Yayan G.H. Mulyana, Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI.

Yayan memaparkan mengenai perkembangan keketuaan Indonesia di asean pada tahun 2023. Serta peran strategis Indonesia dalam memperkuat kawasan regional Asean dan kawasan Indo-Pasifik. Stabilitas kawasan regional menjadi focus Indonesia saat menjadi ketua Asean pada tahun 2023, dengan mengusung tema Asean Matters: Epicentrum of Growth.

Dra. Christy Damayanti, M.Si, sebagai moderator menjelaskan, pemaparan dari narasumber BSKLN Kemlu, Dr. Yayan, merupakan bagian dari upaya Prodi HI UNISRI untuk memberikan wawasan dan keilmuan langsung kepada mahasiswa HI yang bersumber dari tenaga ahli/praktisi. Sehingga diharapkan mahasiwa tidak hanya memperoleh keilmuan/kajian HI dari kelas saja.

Tetapi juga mendapatkan insight dari Kementerian Luar Negeri RI. Rektor Unisri,  Prof. Dr. Sutoyo, MPd. dalam sambutannya mengatakan, dengan kehadiran Dr. Yayan disini bisa memberikan inspirasi semangat dan motivasi bagi mahasiswa prodi Hubungan Internasional. “Kegiatan ini menjadi embrio dari kerjasama yang bisa di tindaklanjuti antara Unisri dengan BSKLN Kemlu dan PKS-nya dapat diimplementasikan temen-teman fisip, tentunya ini semua bisa menguntungkan Unisri “ katanya. (Her)