SEMARAK BUDAYA INDONESIA RAIH 2 PENGHARGAAN, ANDONG MASK DANCE FESTIVAL 2023

 

Tari Jatayu, persembahan Semarak Budaya Indonesia di Andong Mask Dance Festival  Korea 2023.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Semarak Budaya Indonesia, merupakan delegasi yang mewakili Indonesia di salah satu festival bergengsi di Kota Andong, Korea, Andong Mask Dance Festival. Andong Mask Dance Festival 2023 diselenggarakan di Kota Andong, Republik Korea pada 2 hingga 9 Oktober 2023 oleh Korea Foundation for Cultures and Ethics.

Semarak Budaya Indonesia saat itu menampilkan tari topeng Indonesia, yaitu Tari Sri, Blekdikdot,  Tari Jago dan Wonderland Nusantara selama festival berlangsung  selama seminggu mulai tanggal 2  9 Oktober 2023 di Mask Dance Theatre, Andong, Republik Korea. Ratusan penonton memadati area pertunjukan selama delapan hari pertunjukan tari topeng Indonesia.

Pada kesempatan itu Semarak Budaya Indonesia juga mengikuti perlombaan tari topeng internasional, yang diselenggarakan panitia acara. Semarak Budaya Indonesia menyajikan Tari Jatayu, Sugriwo Subali dan Sabda Amerta. Semarak Budaya Indonesia berhasil meraih dua ketegori pemenang, yaitu partisipasi dan hadiah spesial.

Ketua rombongan Semarak Budaya Indonesia, Rambat Yulianingsih mengatakan, “Kami sangat senang dapat menampilkan tari topeng Indonesia di Andong Mask Dance Festival, Korea. Kami juga bangga meraih dua kemenangan kompetisi tari topeng dari 33 penari topeng lainnya ” kata Rambat yang juga  penari Solo yang menarikan Tari Sabda Amerta dan memenangkan hadiah spesial.

Kategori Partisipasi

Semantara Damasus Chrismas Verlananda W, Kambang Arum Prabaningrat dan Putri Faradita Idris adalah penari Sugriwo Subali yang memenangkan kategori partisipasi.  Semarak Budaya Indonesia juga turut meriahkan Andong Mask Dance Festival dengan mengikuti parade pada 2 Oktober dan 7 Oktober 2023 di sepanjang area acara dan jalan-jalan di sekitar area acara.

Delegasi lain berasal dari Negara Republik Korea, Malaysia, Mongolia, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Tiongkok. Dengan demikian Delegasi  Budaya Indonesia turut mempererat hubungan diplomasi antar kedua negara, yaitu Indonesia dan Republik Korea yang terjalin ke-50 tahun melalui kesenian dan kebudayaan yang didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi Republik Indonesia. (Tgr)