UTP SURAKARTA, GELAR PROGRAM PEMBELAJARAN LINTAS BUDAYA 2023

Wayang purwa, sebagai salah satu budaya tradisional khas Indonesia yang masih terjaga kelestariannya.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM)  - Pusat urusan Internasional, Universitas Tunas Pembangunan (UTP)Surakarta kembali menyelenggarakan Program Pembelajaran Lintas Budaya tahun 2023 yang bertujuan untuk memperluas wawasan lintas budaya bagi mahasiswa dan mempromosikan kerjasama antarnegara. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 2 November 2023.

Program Pembelajaran Lintas Budaya (Cross-Cultural Learning Program), merupakan inisiatif tahunan yang telah diadakan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, selama beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menggali pengalaman dan pengetahuan yang lebih dalam tentang budaya-budaya di seluruh dunia.

Kepala Pusat Urusan Internasional, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Mohammad Ali Yafi, menjelaskan, program ini memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa kami, untuk mengenal kebudayaan yang beragam, memperluas wawasan mereka dan membangun jaringan dengan mahasiswa dari berbagai negara” ujarnya

Para peserta yang mengikuti kegiatan Program Pembelajaran Lintas Budaya (Cross-Cultural Learning Program), saat foto bersama.

Hal ini sangat penting dalam meningkatkan pemahaman lintas budaya di dunia yang semakin terhubung. Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. Nuruddin Priya Budi Santoso. Dalam sambutannya, Ia menegaskan, kegiatan lintas budaya ini adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan perdamaian.

Budaya dan Perspektif

Selain itu juga toleransi dan pemahaman yang lebih dalam antar budaya yang berbeda. “Kami sangat bangga menjadi bagian dari upaya ini dan berharap program ini akan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa kami” katanya sembari menambahkan,  kegiatan ini diikuti mahasiswa dari berbagai belahan dunia termasuk Filipina, Pakistan, Nigeria, Oman, Timor Leste dsb.

 Mahasiswa peserta menampilkan kesenian tradisional dari negara mereka masing-masing. Ditemui di sela-sela kegiatan, mahasiswa peserta dalam kegiatan ini, Antonio Fernandez, berkata, "Saya merasa sangat beruntung dapat bergabung dalam kegiatan ini. Saya telah belajar begitu banyak tentang budaya dan perspektif berbeda dari teman-teman internasional” katanya

Kegiatan ini telah membuka pikiran beberapa mahasiswa termasuk dirinya, UTP Surakarta berkomitmen, untuk terus mendukung kegiatan lintas budaya dan kerjasama internasional. Hal ini dilakukan untuk memastikan, mahasiswa tetap memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang beragam dan terbuka. (Her)