KARATON SURAKARTA HADININGRAT GELAR KIRAB DAN SALURKAN ZAKAT FITRAH DALEM PB XIII

 

KP. H. Dani Nuradiningrat (kiri) menyerahkan zakat fitrah dari Karaton Surakarta Hadiningrat kepada KH Mutarom, Penghulu Tafsir Anom Masjid Ageng secara simbolis.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang hanya tinggal hitungan hari saja, seperti  biasanya secara rutin Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjalankan tradisi Kirab Zakat Fitrah Dalem Karaton Surakarta Hadiningrat yang digelar atas palilah (perintah) Raja Karaton Surakarta Hadiningrat, SISKS Pakoe Boewono XIII.

Acara tersebut  dibarengi  dengan  pembagian Zakat Fitrah 1 Syawal 1445 Hijriyah yang dilakukan pada  Sabtu (6/4/2024) malam. Prosesi  ritual ini diawali dengan kirab yang diikuti ratusan Abdi Dalem dengan membawa beras yang diletakkan di dalam jodang. Kirab dimulai dari Bangsal Smorokoto yang berada didalam Karaton Surakarta, menuju Masjid Ageng Kraton Surakarta Hadiningrat.

Sesampainya di Masjid Ageng, rombongan dari Karaton Surakarta memberikan zakat fitrah itu, kepada Penghulu Tafsir Anom KH Mutarom secara simbolis yang selanjutnya akan dibagikan untuk masyarakat yang hadir dan telah menunggu pembagian zakat tersebut di kawasan Masjid Ageng Karaton Surakarta tersebut.

Kirab zakat fitrah dalem PB XIII, Raja Karaton Surakarta Hadiningrat dari Bangsal Smorokoto menuju Masjid Ageng.

Ungkapan itu diutarakan Pengageng Sasono Wilapa Kraton Surakarta Hadiningrat, KP. H. Dani Nuradiningrat yang juga mengatakan, zakat fitrah itu berasal dari Raja Karaton Surakarta Hadiningrat. “Zakat Fitrah ini bukan hanya dari raja saja, tapi juga dari masyarakat dan abdi dalem karaton secara langsung untuk masyarakat maupun Abdi Dalem Karaton Surakarta Hadiningrat yang membutuhkan” ujarnya.

Lebih jauh Dani menjelaskan, jumlah  zakat fitrah berupa beras yang disalurkan dari karaton mencapai beberapa ton dan ada juga yang telah tersalurkan sebelumnya. Kemarin (Jumat, 5 April 2024) Karaton juga menyalurkan zakat berupa beras, uang dan beberapa kebutuhan pokok.  “Untuk beras, Karaton telah menyalurkan beras hingga beberapa ton yang dibagikan kepada Karaton masyarakat dan sekitar 700 Abdi Dalem Karaton Surakarta,  di Pelataran Sasono Hadi Karaton Surakarta Hadiningrat” pungkasnya. (Hong)