30 JURNALIS IKUTI UKW PWI SOLO, SEKJEN PWI PUSAT : WARTAWAN HARUS PATUHI KODE ETIK

 

Sejumlah 30 jurnalis mengikuti UKW yang diselenggarakan PWI Cabang Surakarta.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Sejumlah 30 wartaan yang bertugas di Kota Solo,  mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta, Jumat-Sabtu, 24-25 Mei 2024. UKW  kali ini digelar di Hotel Alila Solo. Salah satu nara sumber adalah Anggota Utama Masyarakat Anti Hoax (Mafindo) Solo Raya Niken Setyawati.

Hal itu dimaksudkan agar jurnalis peka dan ikut memberantas penyebaran berita bohong (hoax). Ungkapan senada juga diutarakan Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul dalam sambutannya yang menyebutkan, ada 30 jurnalis yang terbagi menjadi dua kategori, yakni UKW tingkat Muda dan Madya. "Kemarin kami sepakat untuk membuka lima kelas dan akhirnya banyak menolak pendaftar," ungkap Anas.

Sedangakan, Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah mengaku bahagia atas terselenggaranya UKW PWI Surakarta. Dimana kegiatan di Solo ini menjadi uji kompetensi Ke-17. Ia menyebutkan, UKW menjadi janji politik Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun pada Kongres PWI XXV di Bandung, 27 September 2023 lalu.

Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, ketika memberikan arahannya kepada peserta UKW.

Sehingga dalam kesempatan itu, ia mendorong setiap daerah untuk memperbanyak penguji. " Pak Hendry berjanji akan menggelar UKW di seluruh cabang. Yaitu di 38 provinsi, dan satu cabang khusus Solo," ungkap Sayid.

Rencananya, UKW PWI Surakarta akan dibuka oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Namun karena tidak bisa hadir, pembukaan diwakilkan kepada Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Surakarta, Hery Mulyono. "Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, Uji Kompetensi Wartawan PWI Surakarta kami nyatakan dibuka," ucap Hery Mulyono mewakili Gibran

Hadir sebagai narasumber doorstop, Plh Ketua PMI Surakarta Sumartono Hadinoto, Koordinator Wilayah (Korwil) Peradi Jawa Tengah Badrus Zaman, dan Anggota Utama Masyarakat Anti Hoax (Mafindo) Solo Raya Niken Setyawati. (Her)